visitaaponce.com

Prestasi di APG 2023 Jadi Modal Penting Pembangunan Olahraga Disabilitas

Prestasi di APG 2023 Jadi Modal Penting Pembangunan Olahraga Disabilitas
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kiri).(DOK KEMENPORA)

MENTERI Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo mengatakan banyaknya raihan prestasi, pemecahan rekor hingga sejarah yang tercipta di ASEAN Para Games 2023 (APG) menjadi modal penting dan energi untuk pembangunan olahraga disabilitas Indonesia di masa depan.

"Perolehan medali di APG 2023 ini adalah yang terbaik dan hebat selain medali emas yang terbanyak di luar sebagai tuan rumah APG juga medali perak dan perunggu juga terbanyak. Ini momentum yang sangat penting dan energi yang sangat dibutuhkan untuk Indonesia dalam rangka menuju olahraga Indonesia yang lebih baik dan lebih maju," kata Dito dalam keterangan resminya, Kamis (8/6).

"Jadi ini adalah juara umum yang paripurna benar-benar parpurna dan dalam perhelatan APG ini tim Indonesia memecah 15 rekor, 4 nomor rekor dari para angkat berat dan 11 dari para swimming ini suatu lonjakan yang sangat hebat dan membanggakan bagi perkembangan paralympic Indonesia," tambah Menpora.

Baca juga: Indonesia, Juara Umum Paripurna ASEAN Para Games 2023

Secara khusus, Dito menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terkait yang telah mendukung perjuangan kontingen Indonesia sehingga mampu hattrick juara umum APG.

"Saya mewakili pemerintah mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada NPC Indonesia, CdM serta para pihak yang sudah mensupport seperti dari Bayan Resources dimana karena keyakinannya dan kepercayaannya bisa membawa Indonesia mendulang prestasi tinggi di level Asia Tenggara dan memecah rekor," ucap Dito.

"Ini merupakan tonggak sejarah perolehan medali emas terbanyak sepanjang APG yang kita ikuti diluar menjadi tuan rumah. Jadi ini merupakan sejarah juga. Saya sangat bahagia karena dalam SEA Games dan APG 2023 seluruh tim kita banyak sekali pencapaian-pencapaian, pemecahan rekor dan sejarah," kata dia lagi. 

Baca juga:  Raih 130 Medali Emas, Indonesia Dipastikan Juara Umum ASEAN Para Games 2023

CdM Kontingen Indonesia Andi Herman menyebut semangat target juara umum APG tahun ini menjadi motivasi atlet meraih prestasi dan mencetak sejarah baru.

"Tentu capaian ini adalah buah dari hasil kerja keras yang diawali saat pelatnas dibawah Ketum NPC Indonesia Pak Senny Marbun. Dari awal kita bertekad untuk mempertahankan gelar juara umum ini karena ingin mencetak sejarah baru yakni hatrick juara umum," ujarnya.

"Hatrick ini juga yang menginspirasi para atlet sehingga mereka banyak melakukan capaian prestasi. Hari ini sudah kita dapat sementara per pukul 17.00 WIB, 133 medali emas, 122 perak dan 76 perunggu atau sekitar 28% medali emas dari jumlah medali emas yang ada," kata Andi. (RO/Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat