visitaaponce.com

Hamilton Memimpin Russell dalam Latihan di Kanada

Hamilton Memimpin Russell dalam Latihan di Kanada
Lewis Hamilton menempati posisi teratas di sesi latihan Jumat (16/6) yang tertunda dan dipotong hujan jelang Grand Prix Kanada(AFP)

LEWIS Hamilton menempati posisi teratas di sesi latihan Jumat (16/6) yang tertunda dan dipotong hujan jelang Grand Prix Kanada akhir pekan ini, diikuti rekan setimnya di Mercedes, George Russell.

Kedua mobil "Silver Arrows" tersebut berhasil memanfaatkan kesempatan langka dengan mencatat waktu tercepat menggunakan ban soft beberapa saat sebelum hujan deras akhirnya menghampiri Sirkuit Gilles Villeneuve, hanya lima menit sebelum sesi kedua diperpanjang berakhir.

Sesi pembuka sebelumnya hanya berlangsung selama lima menit akibat adanya masalah teknis.

Baca juga: Jelang GP Kanada, belum Ada Perkembangan Soal Kontrak Baru Hamilton

Hamilton mencatat waktu tercepat dengan lap terbaik 1 menit 13,718 detik, unggul 0,027 detik dari Russell, diikuti Carlos Sainz dari Ferrari dan juara dunia dua kali, Fernando Alonso dari Aston Martin. Charles Leclerc menempati posisi kelima dengan mobil Ferrari kedua, di depan juara dunia bertahan, Max Verstappen dari Red Bull, dan Valtteri Bottas dengan mobil Alfa Romeo.

Sergio Perez menempati posisi kedelapan dengan mobil Red Bull kedua, diikuti oleh pahlawan lokal, Lance Stroll, dengan mobil Aston Martin kedua, dan Pierre Gasly dari Alpine. Kegagalan as roda penggerak Gasly dalam sesi pembuka menyebabkan bendera merah yang mengakhiri sesi tersebut.

Baca juga: Hamilton Siap Teken Kontrak Baru dengan Mercedes

Secara keseluruhan, ini adalah hari yang menarik dengan aksi tak terduga yang dimulai dengan sinar matahari hangat dan berakhir dengan hujan deras. Di mana tim Mercedes yang direvitalisasi kembali mendominasi.

Setelah FP1 sebelumnya yang tidak menarik, di mana hanya 12 mobil yang mencatat waktu, dipimpin Alfa Romeo milik Valtteri Bottas, dalam sesi yang hanya berlangsung lima menit, sesi yang diperpanjang dimulai dalam kondisi cuaca hangat dan berawan.

Suhu udara sekitar 23 derajat Celsius, dan suhu lintasan mencapai 39 derajat Celsius di sirkuit semi-jalan cepat yang terletak di Pulau Notre Dame, di St Lawrence Seaway. Bottas kembali menjadi yang tercepat.

Penyelenggara menyatakan bahwa masalah teknis yang menyebabkan "gangguan pada sistem CCTV lokal" telah teratasi, yang pastinya membuat penonton yang hadir pada hari Jumat merasa lega.

Bottas menjadi yang pertama mencatat waktu, kemudian Leclerc berhasil memimpin sejenak sebelum Alonso dan Bottas lagi-lagi mendominasi sirkuit dengan cengkeraman rendah yang dikelilingi oleh pagar dan kerb, serta menuntut pengereman yang baik.

Verstappen berhasil mencatat waktu tercepat setelah 10 menit, diikuti oleh Sainz ketika para pembalap mulai terbiasa dengan kondisi trek yang masih baru dan mengevaluasi banyak perbaikan yang telah dilakukan.

Selama aksi berlangsung, Gasly, Sainz, Verstappen, dan Leclerc sempat menjadi yang tercepat sebelum dua bendera merah menghentikan kemajuan, pertama-tama karena Nico Hulkenberg berhenti di Haas-nya dengan asap keluar dari mesin, dan kemudian Esteban Ocon berhenti di Alpine-nya di chicane dengan kegagalan as roda penggerak yang diduga.

Setelah interupsi kedua, kedua mobil Mercedes keluar menggunakan ban soft dan mencatat waktu tercepat, dengan Russell melakukannya lebih dulu sebelum Hamilton berhasil mencatatkan waktu terbaik ketika awan hujan deras mendekat.

Hujan tidak segera datang, tetapi Red Bull mengirim kedua pembalapnya dengan ban intermediate untuk satu lap di trek yang masih kering dengan angin kencang. Mercedes mengikuti langkah tersebut dan, dengan enam menit tersisa, hujan akhirnya turun. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat