visitaaponce.com

Marketa Vondrousova Juarai Wimbledon 2023

Marketa Vondrousova Juarai Wimbledon 2023
Petenis Ceko, Marketa Vondrousova, menciptakan sejarah usai keluar sebagai juara sektor tunggal putri Wimbledon 2023(AFP)

PETENIS Ceko, Marketa Vondrousova, menciptakan sejarah usai keluar sebagai juara sektor tunggal putri Wimbledon 2023. Menang di partai puncak mengandaskan Ons Jabeur, Vondrousova menjadi petenis putri pertama berstatus non-unggulan yang mampu meraih trofi Venus Rosewater Dish.

Tahun lalu, Vondrousova absen di All England Club lantaran cedera pergelangan tangan kiri dan hanya menjadi penonton. Namun, itu semua berubah sekejap bagi petenis peringkat 42 dunia tersebut.

Vondrousova menumbangkan Jabeur yang berstatus unggulan keenam dua set 6-4, 6-4, Sabtu (15/7) malam, pada laga berdurasi 80 menit yang ketat.

Baca juga : Bikin Iri, Nagita Slavina Main Tenis Bareng Taeyong NCT

"Saya tidak benar-benar tahu apa yang terjadi sekarang. Perasaan yang luar biasa. Saya telah berperan tahun lalu kali ini. Ini luar biasa saya bisa berdiri di sini (mengangkat trofi)," ujar Vondrousova

Baca juga : Novak Djokovic Siap Kejar Sejarah Baru di Final Wimbledon Kelimanya

"Tenis itu gila," imbuh petenis berusia 24 tahun itu.

Legenda tenis Ceko, Martina Navratilova, yang menonton langsung di area royal box berseri-seri melihat petenis negaranya sukses merebut gelar Wimbledon. Di masa jayanya dulu, Navratilova mampu mengoleksi sembilan gelar Wimbledon.

Bagi Vondrousova, ini menjadi gelar tunggal grand slam pertamanya setelah mencapai final di Roland Garros pada 2019.

Di sisi lain, Ons Jabeur terisak-isak tak kuasa menahan kesedihan. Pasalnya, gelar grand slam ini amat dinanti-nantikan petenis Tunisia itu. Ini menjadi kegagalan kedua beruntun di Wimbledon sekaligus kegagalan ketiganya di final grand slam.

"Ini sangat, sangat sulit (dicerna). Saya rasa ini adalah kehilangan yang paling menyakitkan dalam karier saya," tutur Jabeur.

Tahun lalu, Jabeur kalah di final Wimbledon dari Elena Rybakina. Jabeur juga kalah di final AS Terbuka ketika melawan Iga Swiatek.

Kekalahan kali ini menjadi pukulan bagi Jabeur karena perjalanannya menuju final tergolong berat. Dia menyingkirkan empat juara grand slam berperingkat 10 besar mulai dari Bianca Andreescu, Petra Kvitova, Elena Rybakina, dan Aryna Sabalenka. (AFP/WTA/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat