visitaaponce.com

Ketua Pordasi DKI Ingin Bangkitkan Pacuan Kuda Lebih Kompetitif

Ketua Pordasi DKI Ingin Bangkitkan Pacuan Kuda Lebih Kompetitif
Pordasi DKI bekerja sama dengan BMW Motorrad Indonesia untuk mendorong ajang pacuan kuda lebih bersaing di ajang internasional.(Ist)

MELIHAT situasi olahraga berkuda yang kurang prestasi membuat sejumlah pihak prihatin. Masalah ini pelu dibenahi agar olahraga itu menjadi salah satu olahraga bergengsi dan diperhitungkan dunia.

Untuk itu, Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Indonesia (Pordasi) DKI Jakarta Aryo Djojohadikusumo memiliki cara tersendiri dan visi dalam membangkitkan pacuan kuda di Indonesia. Apalagi, olahraga ini bisa bermanfaat untuk menarik minat wisatawan.

Baca juga: Pacuan Kuda Jadi Daya Tarik Wisata di Agam dan Bukittinggi

Aryo Djojohadikusumo mendirikan Sarga.co yang merupakan penyelenggara kejuaraan pacuan kuda dan bergerak di bidang industri olahraga berkuda dan berkomitmen menghadirkan kompetisi pacuan kuda unggul dan menarik. Pacuan kuda juga dapat meningkatkan daya tarik pariwisata Indonesia.

“Ini akan menjadi langkah penting bagi pengembangan industri pacuan kuda untuk memberikan peluang ekonomi baru dari sisi olahraga, budaya, dan pariwisata," ungkap Aryo ketika bekerja sama dengan BMW Motorrad Indonesia, di National Polo Club, Cibinong, Jawa Barat, Minggu (6/8).

Baca juga: Banyak Manfaat Kesehatan, Olahraga Berkuda Mulai Digandrungi

Founder & CEO Sarga.co ini menyampaikan dalam beberapa bulan ke depan akan menggelar kejuaraan pacuan kuda pada akhir kuartal 2023.

Salah satu ajang terbesar yakni Pacu Kuda Piala Sultan Hamengkubuwono X yang melibatkan Pordasi DIY pada 12 November 2023 di Yogyakarta.

"Kami harap ekosistem pacuan kuda yang dibangun dapat mencetak bibit unggul atlet dan kuda Indonesia untuk bersaing di ajang internasional."

"Terlebih, inisiatif-inisiatif yang dapat memupuk minat masyarakat terhadap olahraga ini. Ke depannya, kami juga berharap Indonesia bisa jadi tuan rumah bagi kejuaraan pacuan kuda internasional,” tegasnya.

Baca juga: Rayakan Sumpah Pemuda, Ribuan Warga Saksikan Lomba Pacuan Kuda

CEO BMW Motorrad Indonesia Sukimin Thio mengatakan kejuaraan pacuan kuda ialah potensi besar yang belum terlalu dieksplorasi di Indonesia.

“Kegiatan ini dapat mendorong industri pacuan kuda menjadi lebih kuat dan meningkatkan daya tarik lebih bagi masyarakat Indonesia,” katanya.

Diakuinya, kejuaraan pacuan kuda juga memiliki nilai tradisi yang kuat pada beberapa daerah di Indonesia.

“Harapannya kami dapat berkomitmen mempertahankan nilai ini dengan berbagai kejuaraan pacuan kuda beberapa tahun mendatang," kata Sukimin.

COO BMW Motorrad Indonesia Josef Setiawan Amarianto mengatakan terkait dukungan yang diberikan terhadap olahraga tersebut masih dirahasiakan. “Bentuk dukungannya seperti apa, kita lihat saja nanti." (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat