visitaaponce.com

Noah Lyles Menapaki Jejak Usain Bolt

Noah Lyles Menapaki Jejak Usain Bolt
Pelari Amerika Serikat Noah Lyles(AFP/Andreij Isakovic)

KEPERGIAN Usain Bolt ke masa pensiunnya pada 2017 meninggalkan lubang menganga di jantung atletik.

Pelari cepat asal Jamaika itu pergi setelah memenangi 11 medali emas dunia dan delapan medali emas Olimpiade, namun sekarang, enam tahun kemudian penggantinya yang sah telah muncul, yakni Noah Lyles.

Atlet Amerika Serikat itu, yang bersemangat dan semakin blak-blakan, bukanlah wajah baru di dunia ini, pelari berusia 26 tahun itu saat ini berada di tahun kedelapan sebagai atlet profesional setelah menandatangani kontrak dengan Adidas setahun sebelum Bolt pensiun.

Baca juga : Mengenal Cabang Olahraga Lempar Lembing 

Namun setelah meraih gelar ganda plus emas dalam nomor 100m/200m yang mengesankan setelah membawa tim AS meraih kemenangan dalam estafet 4x100m di Kejuaraan Atletik Dunia di Budapest, Lyles tampaknya siap untuk membawa kembali jejaknya ke kesadaran publik yang lebih luas.

"Saya ingin menunjukkan bahwa saya berbeda. Saya keluar dan menunjukkannya. Saya juara ganda," kata Lyles.

Baca juga : Mengenal Macam Start Dalam Olahraga Lari

“Usain Bolt telah melakukannya dan dia mengatakan kepada saya bahwa dia melihat apa yang saya lakukan dan dia menghormatinya, itu luar biasa," imbuhnya.

Lyles, yang menjadi sprinter kelima yang meraih gelar ganda sprint dunia, prestasi yang terakhir kali diraih Bolt pada 2015, mengaku siap untuk mencetak banyak pretasi di cabang olahraga itu..

“Saya adalah orang yang ingin melupakan ketenaran di trek. Saya ingin orang-orang melihat saya di trek, tetapi di GQ dan serial dokumen saya, dan menyadari bahwa saya juga pria yang keren. Medali adalah langkah pertama karena orang-orang akan memperhatikan Anda. Kemudian Anda bisa beralih ke arah yang berbeda: fashion, musik. Anda bisa mulai berkolaborasi dengan orang lain, artis, dan dunia," katanya.

Lyles juga sedang syuting untuk film dokumenter NBC Sports dan juga akan tampil dalam serial Netflix yang saat ini sedang diproduksi.

Meskipun sulit untuk mengukur potensi reaksi pasar atau bahkan peningkatan partisipasi masyarakat, tidak dapat disangkal bahwa serial Netflix tentang Formula Satu dan tenis mencerminkan olahraga tersebut dengan cara yang membuatnya menarik dan tampak lebih mudah diakses.

Meskipun Lyles menikmati perhatian tambahan tersebut, dia juga menentang ketidakmampuan atletik untuk mencapai arus utama.

"Kita harus berbuat lebih banyak. Kita harus diperkenalkan kepada dunia. Saya suka komunitas atletik, tapi kita hanya bisa melakukan banyak hal di dalam gelembung kita sendiri. Ada dunia lain di luar sana," katanya sambil menunjuk NBA sebagai contoh.

"Anda tahu hal yang paling menyakitkan bagi saya? Saya harus menonton final NBA dan mereka sedang memikirkan juara dunia. Juara dunia di bidang apa? Amerika Serikat?

Pertanyaannya sekarang adalah apakah Lyles akan mampu melanjutkan performa apiknya di Olimpiade Paris tahun depan, kejuaraan global terhebat bagi penonton Amerika.

Dia memenangkan perunggu di nomor 200m di Olimpiade Tokyo yang tertunda karena pandemi, tetapi untuk terus menarik perhatian, dalam kata-katanya sendiri, Lyles harus terus memenangi medali. (AFP/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat