visitaaponce.com

Wapres Perintahkan Bentuk DBOD Papua

Wapres Perintahkan Bentuk DBOD Papua
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin.(DOK SETWAPRES)

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin memerintahkan agar dibentuk Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD) di Papua. Penyusunannya dapat disinkronisasi dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Sehingga antara pusat dan daerah itu sinkron. Ini saya kira yang perlu," ujar Ma'ruf saat melakukan dialog dengan sejumlah tokoh olahraga Papua di Stadion Utama Papua Bangkit, Sentani Timur, Jayapura, Papua, Rabu (11/10).

Wapres menjelaskan penyusunan DBOD Papua akan dijalankan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Kementerian Pemuda dan Olahrga (Kemenpora). Ia meminta jajarannya itu dapat melibatkan aspirasi masyarakat Papua.

Baca juga: DBON Harus Dilanjutkan

Selanjutnya, Wapres berharap dapat segera terbangun pusat pengembangan dan inovasi bidang keilmuan olahraga. Fasilitas itu diyakini dapat menyokong kemajuan industri olahraga di Tanah Papua.

"Saya harap Papua akan bisa lebih cepat untuk dapat dibangun sport science ini, ikut memajukan," harap Wapres.

Baca juga: Wapres Pastikan Gedung Papua Christian Centre (PCC) Segera Dibangun

Sebelumnya, Wapres mendengarkan aspirasi dari Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cendrawasih Try Setyo Guntoro yang berharap Papua dapat dikukuhkan menjadi provinsi olahraga. Sehingga dapat meningkatkan pengembangan dan keunggulan di bidang olahraga.

"Karena ni akan menjadi modal lanjutan yang sangat berharga pasca PON XX bagi Papua untuk membangun dan mengembangkan diri menjadi lebih unggul dan tangguh di bidang olahraga," jelasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat