visitaaponce.com

Airnav Sediakan Prosedur Helikopter Darurat di Moto GP Mandalika

Airnav Sediakan Prosedur Helikopter Darurat di Moto GP Mandalika
Ilustrasi(Antara)

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia memastikan semua pelayanan terkait aktivitas penerbangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sudah mantap untuk mendukung penuh penyelenggaraan Moto GP Mandalika yang berlangsung pada 13-15 Oktober 2023.

Direktur Utama AirNav Indonesia Polana Pramesti mengungkapkan dukungan yang dilakukan AirNav antara lain ialah implementasi prosedur helikopter terutama untuk hal darurat, personel layanan navigasi penerbangan 24 jam, penerbitan Notice to Airmen (Notam), fasilitas navigasi prima, serta penyediaan slot penerbangan melalui aplikasi Chronos.

Ia menjelaskan prosedur helikopter yang disiapkan adalah rute darurat berbasis visual flight rules (VFR). Rute tersebut dibuat khusus dari Sirkuit Mandalika menuju rumah sakit umum daerah terdekat, yakni RSUD Provinsi NTB.

Baca juga: AirNav Indonesia Pastikan Kesiapan Pelayanan untuk Sukseskan Moto GP Mandalika

"Jadi ketika ada insiden darurat saat kegiatan berlangsung, dan diperlukan akses cepat menuju rumah sakit, kami sudah menyiapkan jalur khusus bagi helikopter. Maksimal waktu terbang dari sirkuit menuju rumah sakit terdekat tidak lebih dari 15 menit," ujar Polana melalui keterangan resmi, Jumat (13/10).

Kemudian, AirNav juga melakukan pengaturan jadwal operasional selama 24 jam. Itu akan dilaksanakan pada 12-16 Oktober 2023 sebagai bentuk antisipasi lonjakan traffic penerbangan.

Baca juga: 215 Shuttle Bus Gratis Disiapkan untuk Para Penonton Moto GP

"Personel Air Traffic Controller telah diatur. Dalam setiap shift akan ditambahkan satu set kru untuk memenuhi kebutuhan operasional selama 24 jam," kata Polana.

Sebagai bentuk dukungan penuh, AirNav Indonesia juga siap menampung permintaan extra flight baik untuk penerbangan kargo, charter atau keperluan lain selama perhelatan Moto GP berlangsung melalui aplikasi Chronos. Perseroan mencatat, saat ini, untuk periode 11 hingga 16 Oktober 2023, sudah ada 40 permintaan irreguler flight diluar jadwal penerbangan reguler.

Selain penambahan jadwal penerbangan, sebagai jaminan keamanan, kenyamanan dan keteraturan dalam pelayanan navigasi penerbangan selama perhelatan Moto GP 2023, AirNav Indonesia juga menerbitkan sejumlah Notam selama perhelatan Moto GP 2023.

"AirNav Indonesia menerbitkan NOTAM Operating Air Traffic Services 24 jam sebagai informasi bahwa AirNav Lombok melayani operasional navigasi 24 jam, Notam Airspace Reservation untuk kawasan Mandalika, serta Notam VVIP untuk rencana kedatangan Presiden," ujar Polana.

Dia menambahkan, AirNav Indonesia juga akan mendukung kesiapan fasilitas navigasi penerbangan prima di AirNav Indonesia Cabang Lombok. Frekuensi pengecekan fasilitas kami tingkatkan untuk memastikan keandalan seluruh fasilitas di AirNav cabang Lombok, guna kelancaran layanan navigasi penerbangan.

"Semua telah kami siapkan sebaik mungkin untuk nama baik Indonesia di mata dunia. AirNav Indonesia siap mendukung penuh dalam pelayanan navigasi penerbangan, tidak hanya pelayanan optimal dari personel kami tapi juga kesiapan fasilitas navigasi yang prima, untuk kesuksesan seluruh rangkaian perhelatan Moto GP Mandalika 2023 ini," tutur Polana.

AirNav juga berkomitmen untuk terus berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait termasuk pemerintah, ITDC, Angkasa Pura I dan pemangku kepentingan lain, untuk menyukseskan Moto GP Mandalika 2023. Polana menegaskan, AirNav Indonesia akan memberikan layanan navigasi penerbangan terbaik bagi seluruh pesawat udara yang berkepentingan dengan perhelatan berkelas internasional tersebut. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat