visitaaponce.com

Main Event Piala Presiden Esports 2023 Resmi Digelar

Main Event Piala Presiden Esports 2023 Resmi Digelar
Main Event Piala Presiden Esports 2023 resmi dimulai(Dok.Ist)

BABAK Main Event Piala Presiden Esports 2023 resmi dimulai pada Sabtu (21/10). Selain menjadi wadah mencari talenta baru atlet esports, turnamen tahunan ini  juga menjadi tempat untuk pro player mengembangkan diri mereka lewat gim lokal.

“Piala Presiden Esport juga tidak hanya berdampak pada sisi olahraga namun juga pengembangan karier anak muda serta ekonomi kreatif melalui kemajuan industri gim lokal,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo saat membuka acara yang berlangsung di Tennis Indoor Stadium Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/10).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang juga hadir di acara itu menilai Piala Presiden Esports 2023 dapat mendorong terbukanya potensi-potensi peluang usaha dan lapangan kerja.

Baca juga: Kemenparekraf: Nilai Pendapatan Industri Game Capai Rp25 Triliun

"Ini adalah event yang sudah menjadi barometer dari kemajuan esports di Indonesia. Ini bagian dari.event yang menggerakkan begitu banyak potensi-potensi terutama dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” kata Sandiaga.

Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo, menjelaskan jika Piala Presiden Esports kembali mencetak sejarah baru, salah satunya adalah kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women yang dipertandingkan untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen ini.

Baca juga: Menparekraf: Pariwisata Halal Bukan Islamisasi Destinasi Wisata

"Hal ini menunjukkan bahwa kompetisi MLBB Women tidak boleh dipandang sebelah mata, apalagi timnas MLBB perempuan Indonesia juga sudah menyumbang medali emas di SEA Games 2023 yang lalu," ujarnya.

Tidak hanya itu, Piala Presiden Esports juga menjadi salah satu bentuk dukungan gim lokal, yang pada tahun ini mempertandingkan gim Lokapala dan Battle of Guardians. Tahun ini juga menjadi pertama kalinya dalam sejarah, jumlah gim lokal yang dipertandingkan lebih banyak dari gim internasional. 

"Selain itu kami juga sudah menyiapkan beberapa booth untuk gim lokal yang bisa dicoba oleh pengunjung, untuk terus memamerkan gim karya developer lokal ke penggemar esports di Indonesia," kata Rangga.

Wakil Ketua Harian PB ESI IGM Kartikajaya mengatakan Piala Presiden Esports sebagai salah satu tonggak penting peningkatan kompetensi dan perkembangan prestasi talenta-talenta Esports terbaik tanah air secara nyata telah berkontribusi dalam menyokong pencapaian dan kemajuan prestasi esports Indonesia.

"Bagi PB ESI, komitmen Piala Presiden Esports dalam mendukung pengembangan gim lokal ini adalah teladan bagi seluruh ekosistem esports tanah air,” ujarnya.

Sementara itu grup Bigetron Era berhasil mencetak sejarah dengan memenangi piala pertama kejuaraan Piala Presiden Esports 2023 kategori Mobile Legends: Bang Bang Women. Di babak grand final, Bigetron Era mengatasi RRQ Mika dengan skor 3-1.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat