visitaaponce.com

Belgia dan Prancis Melaju ke Final Piala Davis

Belgia dan Prancis Melaju ke Final Piala Davis
Ganda Putra Belgia Sander Gille dan Joran Vliegen(AFP)

BELGIA mengalahkan Kroasia untuk memastikan tempat mereka di Final Piala Davis saat Zizou Bergs meraih poin kemenangan pada Minggu, sementara Prancis juga melangkah ke depan dengan kemenangan mudah atas Taiwan.

Sander Gille dan Joran Vliegen membuat Belgia unggul dengan kemenangan mengejutkan 2-6, 6-3, 7-6 (7/4) dalam ganda melawan Ivan Dodig dan Mate Pavic, setelah pertandingan tunggal pembukaan pada hari Sabtu berakhir imbang.

Bergs menyelesaikan tugas untuk para tamu di Varazdin, mengalahkan Duje Ajdukovic 6-1, 7-5 untuk mendukung kesuksesannya pada hari pembuka melawan mantan pemain nomor tiga dunia, Marin Cilic.

Baca juga : Uni Eropa: Prancis dan Belgia Berisiko Langgar Aturan Anggaran

Kroasia akan absen dari Final untuk pertama kalinya sejak format Piala Davis diubah pada 2019.

Fase grup tahun ini akan dimainkan pada September, dengan babak gugur di Malaga pada November.

Prancis, yang sudah unggul 2-0 dari pertandingan tunggal Sabtu, memastikan kelolosan mereka ketika Nicolas Mahut dan Edouard Roger-Vasselin bangkit dari set pertama untuk mengalahkan Hsu Yu-hsiou dan Jason Jung 3-6, 6-2, 7-6 (7/1).

Baca juga : Tour de France 2025 akan Dimulai di Lille

"Kami mungkin agak ragu-ragu pada awalnya," kata Roger-Vasselin. "Kami tetap tenang. Kami tahu tingkat permainan kami akan berubah. Kami harus tetap tenang."

Quentin Halys menyempurnakan kemenangan Prancis dengan kemenangan 6-3, 7-6 (7/3) atas Jason Tseng.

Republik Ceko juga lolos pada hari Minggu dengan kemenangan 3-0 atas Israel.

Baca juga : Australia Jaga Harapan ke Perempat Final Piala Davis 2023

Pasangan ganda Israel Daniel Cukierman dan Edan Leshem harus menyerah dari pertandingan mereka melawan Tomas Machac dan Adam Pavlasek.

Cukierman mengalami cedera hamstring di game ketiga dan harus menyerah beberapa game kemudian meskipun berusaha melanjutkan.

"Dari awal, kami bermain sangat baik," kata Machac. "Saya ingin mengucapkan selamat pemulihan kepada Dani. Jenis akhir seperti ini tidak bagus."

Baca juga : Northvolt, ProLogium Bangun Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Eropa

Argentina bertahan melawan Kazakhstan untuk memenangkan pertandingan dramatis 3-2.

Tuan rumah Argentina unggul 2-1 dengan kemenangan tiga set dalam ganda sebelum Kazakhstan meluncurkan comeback yang tidak mungkin, mengesampingi kesenjangan besar dalam peringkat antara pemain mereka dan Amerika Selatan.

Dengan nomor satu Kazakhstan Alexander Bublik yang memenangkan turnamen ATP di Montpellier, Timofey Skatov, pemain nomor 278 dunia, mengalahkan Francisco Cerundolo yang berperingkat 22 7-6 (7/1), 6-4.

Baca juga : Giliran Prancis Larang TikTok, Ikuti Langkah AS, Kanada, dan Inggris

Nomor 338 dunia Dmitry Popko kemudian bangkit dari set pertama untuk memberi perlawanan Sebastian Baez dalam laga penentu, tetapi melewatkan dua poin pertandingan dalam tie-break set ketiga untuk kalah dengan hasil 6-4, 3-6, 7-6 (8/6) yang menyakitkan.

Slowakia, Belanda, Finlandia, Jerman, Brasil, AS, dan Kanada juga lolos pada akhir pekan.

Serbia, tanpa Novak Djokovic, terkejut dengan kekalahan 4-0 dari Slowakia.

Baca juga : Percobaan Les Bleus belum Sempurna

Juara bertahan Italia dan runner-up tahun lalu Australia, serta Britania Raya dan Spanyol, langsung melaju ke final. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat