visitaaponce.com

Percobaan Les Bleus belum Sempurna

Percobaan Les Bleus belum Sempurna
Pelatih Prancis Didier Deschamps (tengah)(AFP/FRANCK FIFE)

TIM nasional Prancis belum bisa meraih kemenangan dalam UEFA Nations League musim ini setelah ditahan imbang tuan rumah Kroasia 1-1 di Stadion Poljud, Selasa (7/6) dini hari WIB. Tiga hari sebelumnya, juara bertahan UEFA Nations League musim lalu itu takluk dari Denmark 1-2.

Les Bleus--julukan Prancis-- turun dengan skuad dan formasi berbeda saat melawan Denmark. Pelatih Prancis Didier Deschamps menurunkan 10 pemain berbeda dari laga sebelumnya dan kembali ke 4-4-2 setelah memilih 3-5-2 melawan Denmark.

Deschamps menurunkan pemain yang selama ini akrab dengan bangku cadangan. Beberapa di antaranya ada Mike Maignan di posisi penjaga gawang, Lucas Digne di area bek kiri serta William Saliba di lini belakang. Di tengah ada Matteo Guendouzi dan Aurelien Tchouameni. Lalu untuk pemain depan, Deschamps menurunkan Christopher Nkunku serta Wissam Ben Yedder.

Les Bleus unggul terlebih dahulu lewat upaya Adrien Rabiot pada menit ke-52. Sekitar tujuh menit menjelang waktu normal berakhir, Kroasia mendapat hadiah penalti. Andrej Kramaric yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Deschamps menampik anggapan perubahan itu menjadi biang kegagalan meraih kemenangan. Ia tidak terlalu mempermasalahkannya. Pelatih berusia 53 tahun itu hanya menganggap ajang UEFA Nations League sebagai persiapan menuju Piala Dunia 2022.

Baca juga:  Kroasia dan Prancis Bermain Imbang di Liga Negara UEFA

Ia menilai secara permainan anak asuhnya tampil lebih baik. Menurutnya, tim lawan tidak banyak mengancam, terutama setelah turun minum. Walau puas dengan permainan timnya, ada sedikit kekecewa terhadap hasil akhir.

"Kami melakukan hal-hal baik dengan mempertimbangkan semua perubahan. Kami unggul dan seharusnya bisa mencetak lebih banyak (gol) tapi sayang kami memberi mereka gol penyeimbang,” kata Deschamps.

"Hasilnya tidak memuaskan dan bahkan jika itu adalah pertandingan kompetitif, tujuan kami adalah mempersiapkan (Piala Dunia pada) akhir tahun,” lanjutnya.

Hasil ini membuat Prancis masih tertahan di posisi ketiga di grup A1 dengan koleksi hanya satu poin. Denmark memimpin grup ini dengan raihan enam poin, sementara Austria bertengger di posisi kedua dengan tiga poin. Sementara Kroasia yang memiliki satu poin sama dengan Prancis, namun kalah selisih gol, menjadi juru kunci.

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengaku cukup puas dengan hasil itu. Menurutnya, Luka Modric dan kawan-kawan sudah berjuang untuk setidaknya mengamankan satu angka di kandang sendiri.

“Anak-anak kami menunjukkan karakter mereka dan mengamankan hasil imbang. Mungkin mereka bisa mendapatkan lebih banyak lagi. Para pemain memberikan segalanya untuk Kroasia dan mereka menunjukkan itu lagi,” tuturnya.(Eveningstandard/UEFA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat