visitaaponce.com

Berhasil Diakuisisi KTM, Rumor Marquez Mengendarai MV Agusta Kembali Mencuat

Berhasil Diakuisisi KTM, Rumor Marquez Mengendarai MV Agusta Kembali Mencuat
Pembalap Moto GP asal Spanyol, Marc Marquez.(Dok. AFP)

DENGAN dukungan finansial baru dan di bawah kepemilikan baru, MV Agusta mempertahankan nama dan reputasinya untuk kembali menggebrak dunia balap motor. Terutama jika seorang bintang seperti Marc Marquez direkrut untuk memimpin proyek ini.

Juara dunia delapan kali yang menukar Honda dengan Ducati ini hanya terikat kontrak selama satu tahun, dan masa depannya akan diperebutkan tahun depan. Marquez dan KTM memiliki Red Bull dibelakangnya sebagai sponsor yang berpengaruh dan ia masih bisa didekati oleh tim pabrikan untuk tahun 2025.

Pengamat MotoGP, Ricard Jove pun sebelumnya sempat memprediksi bahwa impian KTM ialah memiliki Marc Marquez dengan menunggangi MV Agusta.

Baca juga : 3 Pembalap Ini Ditakuti Marc Marquez di Moto GP 2024

"Tahukah Anda apa impian KTM? Tahukah Anda apa yang ingin dilakukan KTM di masa depan?. Memiliki Marc Marquez di atas MV Agusta. Itu adalah permainan yang mereka inginkan dan itu bisa saja terjadi," kata Ricard.

"Tapi itulah tujuannya dan saya pikir itu adalah latihan pemasaran yang sangat bagus jika tercapai. Ke sanalah arah bidikan masa depan atau ke sanalah mereka akan pergi. Ini adalah pendapat saya berdasarkan informasi tertentu, tetapi ini adalah pendapat saya," imbuhnya.

Banyak hal telah berubah sejak saat itu. Marquez bergabung dengan Ducati, dan sekarang KTM telah mengakuisisi MV Agusta.

Baca juga : Marc Marquez Mulai Menyatu dengan Ducati Desmosedici

Akan ada rintangan regulasi yang harus dilewati, termasuk membuktikan bahwa KTM dan MV Agusta dikembangkan dan dihomologasi secara terpisah. Regulasi baru MotoGP mulai berlaku pada 2027, dan KTM jelas memiliki rencana besar.

Seperti diketahui, Pierer Mobility Group, perusahaan induk KTM, kini telah menjadi pemegang saham mayoritas di MV Agusta. Mereka telah mengakuisisi 50,1% saham merek bersejarah ini, menambahkannya ke dalam portofolio yang meliputi KTM, Husqvarna dan GASGAS.

CEO baru dari merek MV Agusta yang ikonik, Hubert Trunkenpolz duduk di jajaran direksi Pierer Mobility Group. Berita besar di dunia motor jalan raya ini bisa berubah menjadi skenario mimpi di MotoGP.

Baca juga : Marquez Gugup jelang Debut Bersama Gresini di Moto GP 2024

KTM sedang dalam proses untuk memperluas kehadiran mereka saat ini dengan empat motor di grid 2024. Saat ini, duet pabrikan Brad Binder dan Jack Miller dilengkapi dengan Pedro Acosta dan Augusto Fernandez dari Tech3 GAS. Walaupun begitu, KTM menginginkan sesuatu yang lebih dari itu.

Tahun lalu mereka tidak berhasil meminta Dorna untuk menambahkan motor tambahan ke grid, dan dengan tim satelit yang sudah ada untuk bergabung ke dalam grup mereka.

KTM dikabarkan menjadi salah satu tim yang sedang berbicara dengan VR46, yang sedang memutuskan apakah akan hengkang atau tetap bersama ducati.

Baca juga : Kualifikasi MotoGP, Bagnaia Tercepat Kalahkan Marquez

Atas akuisisi MV Agusta oleh KTM ini, mereka pun dirumorkan menambah satu atau dua motor di grid. Atau, MV Agusta akan berada di grid dengan merek yang terpisah dari KTM.

"Saya tidak menutup kemungkinan bahwa kami akan masuk ke motogp sebagai merek yang terpisah dengan mv agusta pada tahun 2027," kata Bos KTM, Stefan Pierer.

MV Agusta adalah pabrikan MotoGP yang cukup bersejarah meski sempat mengundurkan diri pada tahun 1976, setelah 38 kali menjadi juara.

Giacomo Agostini, Mike Hailwood, Phil Read, dan John Surtees adalah beberapa nama legendaris yang pernah mewakili MV Agusta. Merek ini sempat kembali pada tahun 2019 di moto2 sampai proyek dengan balap depan tiba-tiba berakhir.

(Crash/Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat