visitaaponce.com

Rush dan Terios tapi Lebih Segar

Rush dan Terios tapi Lebih Segar
(ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

SETELAH kemunculan fenomenal Mitsubishi Xpander dan Wuling Confeo di semester II tahun ini, PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor juga akan mengguncang pasar otomotif nasional dengan kehadiran line-up terbaru mereka, yaitu All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios, hari ini. Mobil kembar yang meluncur di kelas low sport utility vehicle (LSUV) tersebut akan menyapa pasar dengan tampilan lebih segar daripada pendahulunya. Meski belum ada konfirmasi resmi mengenai kehadiran dua mobil yang digadang-gadang akan menjadi primadona baru di kelas LSUV tersebut, sejumlah foto yang beredar di dunia maya menegaskan kesiapan peluncuran All New Toyota Rush dan Daihatsu Terios tersebut.

Dalam foto yang beredar, salah satu perubahan nyata di bagian eksterior ialah hilangnya ban cadangan di bagian pintu bagasi. Ban serep itu kini disematkan di bagian bawah mobil sehingga membuat tampilan mobil lebih elegan ketimbang model sebelumnya.
Tampilan lampu depan dan belakang juga terlihat perubahan yang signifikan. Di bagian depan, desain lampu depan dan lampu kabut dari All New Toyota Rush terlihat seperti model SUV terlaris Toyota, Fortuner. Lampu belakang mengadopsi lampu yang memanjang ke samping seperti yang diadopsi pada mobil keluaran terbaru Toyota.

Di bagian interior, Toyota dan Daihatsu juga mengaplikasikan dual tone colour yang mengesankan tampilan sporty dua LSUV tersebut. Kabin Terios dan Rush terbaru itu juga bakal lebih luas karena bertambahnya dimensi panjang mobil menjadi 17 cm. Bahan yang digunakan dalam menyusun interior pun diisukan lebih baik daripada model sebelumnya yang bertahan selama 11 tahun. Dari segi keamanan, kedua mobil tersebut pun mengalami peningkatan serius dengan penggunaan 6 airbag yang melindungi pengendara dan penumpang.

Fitur berkendara pun bertambah dengan adanya hill start assist (HSA) dan vehicle stability control (VSC). Fitur start-stop button pun bakal disematkan di model terbaru tersebut.

Tambah panjang

Untuk urusan dapur pacu, kedua model tersebut dipercaya akan mengadopsi mesin 1.500 cc dual VVT-i atau sama dengan mesin yang disematkan pada Toyota Avanza Veloz terbaru. Namun, spesifikasi pasti dari dua mobil tersebut baru akan terungkap saat diluncurkan.

Sepertinya 'si kembar' identik ini tidak mau kalah dengan Xpander dalam urusan kelapangan. Dimensi panjang Rush-Terios bertambah sebanyak 230 mm menjadi 4.435 mm. Penambahan panjangnya memungkinkan overhang bagian belakang bertambah 150 mm menjadi 450 mm yang berdampak pada penambahan pada kapasitas bagasi.

Secara khusus All New Toyota Rush sepertinya kini sudah tidak jengah lagi untuk menyamai All New Daihatsu Terios dalam hal kapasitas penumpang yang berstatus seven seater dengan tiga baris bangku. Padahal, pada model sebelumnya hal itu menjadi salah satu faktor penegas perbedaan di antara keduanya. Penambahan dimensi panjang juga menjadi jurus ampuh yang membuat jarak antara dasbor dan bangku ketiga mencapai 2.525 mm. Alhasil ruang di bagian bangku kedua menjadi lebih lapang karena bertambah sebanyak 45 mm menjadi 925 mm.

Spasi antara bangku baris kedua dan ketiga masih cukup lapang yang membuat penumpang paling belakang tetap nyaman. Sebagai model yang mengusung status sebagai real medium SUV, All New Toyota Rush dan All New Daihatsu Terios tetap mempertahankan sistem penggerak roda belakang yang dianggap paling mumpuni untuk melaju di tanjakan terjal. Selain itu, ground clearance dibuat lebih tinggi sehingga siap menghadapi berbagai kondisi jalan. Yang lebih penting lagi, dalam hal faktor keselamatan, kendaraan itu menyandang bintang lima dari lembaga penguji keselamatan kendaraan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program). (Cdx/S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Dedy P

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat