visitaaponce.com

Menikmati Petualangan dan Aksi Seru di Jantung Pulau Jawa Bersama Mitsubishi XForce

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengundang jurnalis untuk mencoba langsung XForce rangkaian acara media test drive bertajuk 'XForce Infinite Xcitement-Media Adventure 2023' di Jawa Tengah. Kegiatan yang melibatkan sebanyak lebih dari 100 jurnalis tersebut digelar sejak 4 hingga 12 Desember dan dibagi dalam tiga batch.

Media Indonesia memilih batch terakhir, yaitu pada 10-12 Desember 2023. Di rangkaian acara penutup XForce Infinite Xcitement-Media Adventure 2023 ini, Compact SUV Mitsubishi XForce kami ajak menjelajahi berbagai medan jalan di rute sepanjang Semarang-Solo-Yogyakarta. Perjalanan di hari pertama dimulai dari Bandara Ahmad Yani Semarang.

Hari 1 (Minggu 10 Desember)

Dari Bandara Ahmad Yani, rombongan berangkat menuju restoran Teakyard di Jl Adi Sucipto, Colomadu, Karanganyar yang memakan waktu sekitar dua jam perjalanan (105 km), kemudian mampir ke Kraton Surakarta Hadiningrat, lalu singgah di The Apic, Jl Moren Raya, Bonangan, Baturan, Colomadu Karanganyar dan finis di hotel Grand Mercure Solo Baru untuk beristirahat.

Perjalanan di hari pertama dari Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang dijuluki Kota Atlas menuju Solo cukup seru. Kami dapat merasakan secara maksimal kemampuan XForce mulai dari jalan tol, jalan luar kota dan jalan perkotaan. Sepanjang tol Semarang-Solo kami sempat menjajal performa dan handling kemudi, termasuk fitur Cruise Control-nya. 

Baca juga: Rangkaian XForce Infinite Xcitement Media Adventure 2023 di Jateng Berakhir

Mulusnya lantai jalan tol membuat dahaga adrenalin memberontak dan aksi salip menyalip pun tak terhindarkan. Untuk mendukung aksi tersebut, para jurnalis menekan tombol DS (Drive Sport) yang berada di sebelah kanan tuas transmisi, dan mesin XForce pun mengeluarkan potensi maksimalnya. 

XForce didukung oleh mesin 4A91 MIVEC DOHC 1.5 liter bertenaga 104,6 hp pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 141 Nm pada 4.000 rpm. Ini adalah mesin yang sama dengan milik Xpander. Namun, menurut Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar, mesin telah dilakukan penyesuaian untuk disematkan pada SUV kompak.

"Dengan fine tuning yang lebih baik dari Xpander, plus bodi yang lebih ringan, membuat XForce memiliki performa yang lebih baik, dan yang lebih penting, lebih efisien bahan bakar," tutur Rifat, Senin (11/12). 

Baca juga: Mitsubishi XForce Berhasil Pikat Konsumen Perempuan

Saat digeber pada kecepatan tinggi, terungkap fakta bahwa kendaraan ini sangat stabil saat diajak 'menari-nari' di jalan tol, meskipun dibekali ground clearance yang tinggi berkat suspensinya yang sedikit lebih keras namun menjadi nyaman saat kecepatan tinggi.

Di permukaan jalan kasar, suspensi XForce terasa rigid khas sebuah SUV, namun tingkat kekenyalan suspensinya mampu menjaga bodi kendaraan tidak banyak berayun, apalagi sampai shock absorber bertumbukan dengan karet damper. 

Rifat menjelaskan, untuk suspensi, Mitsubishi Motors telah melakukan riset panjang untuk menemukan formulasi yang seimbang dan ideal untuk SUV kompak ini. Alhasil, nyamannya masih dapat, namun tetap stabil, aman dan nyaman pada kecepatan tinggi.

Audio Racikan Yamaha

Pada kecepatan tinggi di atas 120 km/jam, suara roda dan deru angin mengusik kekedapan kabin. Untungnya, sistem audio Dynamics Sound Yamaha Premium dibekali fitur Speed Compensated Volume dengan 5 level pengaturan yang dapat meyesuaikan level suara sehingga tetap dapat menikmati musik dengan baik. Sebaliknya saat, melaju pada kondisi lalu lintas dalam kota, kesenyapan kabin patut mendapat acungan jempol. 

Karakter pengendaliannya juga sangat menyenangkan, responsif, dengan umpan balik yang ideal. Sayangnya kami tidak menemukan jalan berlika-liku yang ekstrem untuk bisa lebih menikmati kelebihannya itu.
 
Hari 2 (Senin 11 Desember)

Usai sarapan pagi di Grand Mercure Solo Baru, rombongan bergerak ke arah Yogyakarta menuju rumah makan serbajamur bernama Jejamuran sekitar 2 jam perjalanan dari Hotel, tepatnya di Jl Pandowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari situ kami kembali beringsut menuju kawasan wisata Kaliurang aka kawasan 'puncak'nya Yogyakarta.

Di rute ini, XForce diajak melintasi jalan mendaki dihiasi permukaan jalan yang kasar dan kadang berpasir serta melintasi jalan sempit. Sepanjang petualangan dua hari ini, kami tidak mendapatkan hujan sehingga tidak sempat mencoba 4 mode berkendara: Normal, Mud, Gravel, dan Wet secara total.  

Yang pasti fitur canggih tersebut sangat membantu pengemudi saat melewati jalan berpasir dan licin, plus di jalan mendaki. Terlebih ada Hill Start Assist yang terasa manfaatnya saat stop 'n go di jalan mendaki.

Baca juga:  Geber Produksi, Mitsubishi XForce Siap Diantar ke Konsumen 

Di sesi ini, rombongan diajak oleh MMKSI untuk menghabiskan waktu menikmati kendaraan All Terrain Vehicle (ATV) di Oxygen Park menyusuri rute ekstrem di sana untuk menyempurnakan 'petualangan' kami. Kegiatan ini sekaligus menutup rangkaian acara sebelum kami menuju Alana Hotel Yogyakarta untuk istirahat dan pulang pada keesokan harinya dengan membawa sejuta kenangan. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat