visitaaponce.com

Geber Produksi, Mitsubishi XForce Siap Diantar ke Konsumen

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menggelar acara Mitsubishi XFORCE Rollout Ceremony & Media Plant Tour di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat, Kamis (16/11). Kegiatan ini menandai penyerahan XForce dari pabrik MMKI ke MMKSI sebelum didistribusikan ke diler untuk diserahkan kepada pemesannya di seluruh Indonesia.

Dalam rangkaian acara ini juga digelar penyerahan simbolis sebanyak 50 unit XForce dari MMKSI kepada sejumlah perwakilan diler sebelum diserahkan ke konsumen mulai November ini.

Presiden Direktur MMKSI Atsushi Kurita menyampaikan bahwa Mitsubishi XForce merupakan model terbaru yang paling ditunggu-tunggu, terutama oleh para konsumen yang telah melakukan pemesanan. “Kami telah menjanjikan bahwa mobil ini akan sampai ke tangan para pemiliknya dimulai sejak bulan November ini,” lanjutnya.

Baca juga: Sambangi Wilayah Sumatra, Mitsubishi XForce Singgah di Kota Batam

Hari ini, lanjut Kurita San, pihaknya telah melakukan serah terima unit XForce kepada grup diler, dan ia berharap ribuan unit XForce yang sudah dipesan konsumen dapat segera mengaspal di jalan-jalan di seluruh Indonesia. 

Usai sewremoni serah terima kendaraan secara simbolis dari MMKI kepada MMKSI, dan dari MMKSI kepada perwakilan diler, MMKSI memberi kesempatan kepada media untuk menyaksikan proses produksi Mitsubishi XForce di pabrik MMKI. 

Di dalam pabrik, media diajak berkeliling melihat proses pembuatan mobil, mulai dari plat, lalu dipotong dan dicetak menjadi bagian-bagian komponen bodi, kemudian disatukan menjadi satu bodi kosong yang utuh. Proses tersebut dilakukan melalui kerja sama keterampilan manusia dengan lengan-lengan robot canggih yang sudah terprogram. 

Baca juga: MMKSI Bawa Mitsubishi XForce ke Kota Solo

Untuk mempersingkat waktu, kami melewatkan proses pengecatan. Berikutnya, para jurnalis diajak melihat bagaimana proses pemasangan kaki-kaki, roda, mesin, transmisi, kelengkapan interior, hingga siap diinspeksi untuk memastikan semua fungsi kendaraan bekerja dengan baik sebelum dilepas ke konsumen.

President MMKI Minoru Saito mengungkapkan bahwa perusahaannya akan terus meningkatkan tingkat kandungan komponen dalam negeri (TKDN) pada model XForce. Dan saat ini TKDN XForce sudah cukup tinggi. Lokal konten sekitar hampir segera mencapai 80%. Saya harap Anda bisa melihatnya tadi di pabrik kami. Dari stamping hingga proses akhir sudah sangat baik," bangga Saito san. 

Atsushi Kurita mengatakan, hingga akhir tahun ini pihaknya menargetkan produksi saat ini mampu mencapai target 4.000 unit hingga akhir tahun. Namun hanya 3.000 unit yang akan di kirim ke konsumen. Sisanya, untuk kegiatan diler.

 Baca juga: Mitsubishi XFORCE Mejeng di Ajang MMAS Kota Padang

"Kita meningkatkan suplainya, target kami 4.000 unit akan didelivery sampai akhir tahun ini, yang akan dialokasikan sekitar 3.000 unit, sisanya untuk kegiatan promosi di dealer dan test drive. Kita belum langsung mengirimkan semuanya ke konsumen karena butuh waktu," ujar Kurita san. 

Rencananya, MMKSI juga akan memasarkan (ekspor) XForce ke negara-negara ASEAN lainnya, termasuk Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika. Ekspor direncananya akan dimulai pada Februari 2024 dengan target 3,500 unit per bulan. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat