visitaaponce.com

Metro TV Akui Anies Baswedan Presiden False Context

LAMAN alumni212.id mengunggah konten berjudul MetroTV Akui Anies Adalah Presiden RI disertai foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diwawancarai pada program "Selamat Pagi Indonesia" dengan keterangan Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan baru. Judul konten tersebut kemudian diubah menjadi MetroTV 'Akui' Anies Adalah Presiden RI.

Baca juga: @lbp_real Ditangguhkan, Luhut: Saya tidak Punya Akun Twitter

Tangkapan layar alumni212.id. (Medcom.id)

Berikut secara lengkap isi artikel yang beredar tersebut:

Stasiun televisi nasional MetroTV ‘mengakui’ bahwa Anies Baswedan bukanlah Gubernur DKI Jakarta melainkan Presiden RI.

Hal tersebut terlihat dari teks headline berita berjudul "Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru" di program Selamat Pagi Indonesia. Padahal di situ adalah gambar Anies Baswedan yang sedang diwawancarai."

Berdasarkan penelusuran, narasi judul di alumni212.id adalah salah. Faktanya, foto tersebut adalah bagian dari berita yang berisi liputan kegiatan Presiden Joko Widodo dalam meninjau persiapan Kenormalan Baru di Stasiun MRT Bundaran HI.

Baca juga: Istana Diterpa Hoaks Lama soal PKI, KSP: Ada Kelompok Cari Pasar

Foto yang diunggah situs alumni212.id adalah tangkapan layar dari siaran program Selamat Pagi Indonesia yang diunggah kanal resmi Metro TV di Youtube, metrotvnews.

Baca juga: Eks Menteri Susi Pudjiastuti Jualan Kaos, Netizen: Duitmu Akeh Bu

Dalam program "Selamat Pagi Indonesia" itu, Selasa (26/5), reporter Metro TV Marshalina Gita secara bergantian mewawancarai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, setelah Presiden Jokowi meninjau kesiapan kenormalan baru di Stasiun MRT Bundaran HI. Caption nama ketiga nama narasumber itu juga ditampilkan di dalam tayangan.

Tangkapan layar wawancara Metro TV dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (Dok Youtube @metrotvnews)

 

Tangkapan layar wawancara Metro TV dengan Kapolri Jenderal Idham Azis. (Dok Youtube @metrotvnews)

 

Tangkapan layar wawancara Metro TV dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Dok Youtube @metrotvnews)

Baca juga: Antibiotika Bisa Obati Covid-19, Hoaks yang Mendunia

Wawancara terhadap tiga orang itu adalah bagian dari berita bertajuk Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru. Hanya saja, tangkapan layar yang diunggah di alumni212.id bukan di bagian yang dilengkapi dengan caption nama para narasumber melainkan di saat penayangan judul Presiden Tinjau Kesiapan Kenormalan Baru di program Selamat Pagi Indonesia.

Informasi ini termasuk kategori false context (konteks keliru) karena memuat pernyataan, foto, atau video yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta. (X-15)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Henri Siagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat