visitaaponce.com

LP3ES Jika Pemilu Dilaksanakan hari Ini PDIP Juaranya

LP3ES: Jika Pemilu Dilaksanakan hari Ini PDIP Juaranya
Kader berfoto di depan logo partai PDIP, beberapa waktu lalu.(Ant/Andika Wahyu)

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) meraih suara terbanyak jika pemilihan umum (pemilu) diadakan hari ini. Menyusul Partai Demokrat dan Gerindra.

Demikan hasil survei Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) yang dirilis bertajuk Survei Pendapat Masyarakat Pelembagaan Partai Politik dan Isu-Isu Aktual Menuju 2024, Rabu (5/5).

"Jika pemilu dilaksanakan saat ini, partai politik paling banyak dipilih responden adalah PDIP (24%), Partai Demokrat (11,3%), Gerindra (9%), Golkar (7,4%), dan PKS (6%). Masih terdapat sepertiga pemilih belum terbuka dengan pilihannya," ungkap peneliti LP3ES Erwan Halil.

Baca juga : Survei: Daya Elektoral Caleg Partai Gerindra Lemah

Loyalitas terhadap partai menjadi alasan utama memilih, disusul pilihan yang didasarkan pada visi-misi atau program partai, pertimbangan partai memihak rakyat kecil, faktor calon legislatif yang diusung, pengaruh tokoh agama, dan faktor figur Ketua umum partai politik.

"Dari sejumlah tokoh, lima di antaranya memuncaki hasil survei dari sisi popularitas dan like-abilitas. Kelimanya secara berurutan adalah Prabowo Subianto, Sandiaga Salahudin Uno, Anies Rasyid Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil," papar Erwan.

Prabowo Subianto masih memuncaki urutan pertama preferensi politik masyarakat sebagai presiden, disusul Anies Rasyid Baswedan, Ganjar Pranowo, Agus Harimurti Yudhoyono dan Ridwan Kamil," pungkasnya.

Survei LP3ES dilakukan di 34 Kota di Indonesia. Jumlah sampel 1.200 responden, terbagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih (penduduk usia dewasa) yang tercatat pada Pemilu 2019.

Sampel ditentukan dengan acak bertingkat (Multistage random sampling). Margin of error: +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Pengumpulan data dilakukan pada 8-15 April 2021, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner terstruktur. (OL-13)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat