visitaaponce.com

Presiden Pembangunan Dasar IKN Telah Dimulai

Presiden: Pembangunan Dasar IKN Telah Dimulai
Presiden Joko Widodo di IKN(Setpres)

PEMBANGUNAN Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menjadi bukti nyata tahap awal pendirian Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah dimulai.

“Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan dasar infrastruktur sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai,” ujar Jokowi di Kalimantan Timur, Rabu (22/6).

Kepala negara ingin semua proyek, termasuk bendungan, dapat dikerjakan tepat waktu. Bahkan jika bisa, pembangunan itu mesti diselesaikan lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan.

Semula, Bendungan Sepaku Semoi ditargetkan rampung akhir 2023. Setelah mendengar arahan tersebut, Kementerian PU-Pera memajukan jadwal penyelesaian ke Januari 2023.g:

Baca juga: Elemen Pemuda, Mahasiswa dan Buruh Bersatu Mengawal Pembangunan IKN

Bendungan yang memiliki kapasitas tampung 10 juta meter kubik tersebut diproyeksikan mampu memasok air baku sebesar 2.500 liter per detik. Air baku itu nantinya akan diolah untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk di IKN.

“Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum,” ucap Jokowi.

Menteri PU-Pera Basuki Hadimulyono pun menimpali pernyataan kepala negara. Menurutnya, peningkatan kualitas lingkungan menjadi sebuah keharusan di IKN.

“Kalau air tidak bisa diminum langsung, percuma ibu kota kita pindah,” ucap Basuki.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat