visitaaponce.com

Bharada E Ditarik Kembali ke Mako Brimob

Bharada E Ditarik Kembali ke Mako Brimob
Ajudan Irjen Pol Ferdy Sambo, Bhayangkara Dua Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E (kiri)(ANTARA/M Risyal Hidayat)

BAHAYANGKARA Dua (Bharada) Richard Eliezer Pudihang Lumiu (E) dikabarkan ditarik ke Markas Komando Brigade Mobil (Mako Brimob). Tempat itu adalah satuan asal penembak Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (J) tersebut.

"Ya (ditarik ke Mako Brimob), karena statusnya masih jadi saksi," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Senin (1/8).

Namun, Dedi menolak menjelaskan alasan penarikan Bharada E ke satuan asalnya. Dedi juga enggan menjawab penarikan untuk memberikan perlindungan terhadap pelaku penembakan tersebut.

"Wis (sudah) itu saja dulu," ujar Dedi.

Baca juga: Disebut Masih Menjadi Saksi, Bharada E Dikembalikan ke Brimob

Penarikan Bharada E juga disampaikan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Hasto Atmojo Suroyo. Hal itu diketahui LPSK saat menjadwalkan pemeriksa terhadap ajudan Irjen Ferdy Sambo tersebut.

"Itu kami juga baru tahu, (Bharada) E sudah ditarik ke kesatuannya, ke Mako Brimob," kata Hasto saat dikonfirmasi terpisah.

Hasto menjelaskan, LPSK kala itu hendak mendengar keterangan Bharada E dan istri Irjen Sambo, Putri Candrawathi, Rabu (27/7). Namun, Bharada E berhalangan hadir.

"Nah, E tidak datang, tapi yang datang malah dari Mako Brimob," ungkap Hasto.

Personel yang datang ke LPSK menyampaikan Bharada E telah kembali ke satuan induknya, yakni Brimob. Hasto meminta tolong kepada pihak Mako Brimob agar mempersilakan Bharada E datang ke kantornya supaya bisa dimintai keterangan.

"Ya akhirnya kemarin Jumat (29/7)) itu (Bharada E datang ke LPSK)," ucap Hasto.

Bharada E menjalani pemeriksaan psikologis di Kantor LPSK, Jakarta Timur, Jumat (29/7). Bharada E datang pukul 14.30 WIB dan selesai menjalani pemeriksaan pukul 18.00 WIB.

Hasil pemeriksaan psikologis itu akan menjadi bahan pertimbangan LPSK untuk menerima atau tidak permohonan perlindungan Bharada E. Bharada E masih berstatus saksi terkait kasus dugaan pelecehan seksual dan pengancaman terhadap Putri Candrawathi.

Meski dia yang melakukan penembakan terhadap Brigadir J hingga tewas. Penembakan itu diyakini dilakukan untuk melindungi diri sendiri dan istri Irjen Sambo. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat