visitaaponce.com

Mekanisme Pemilihan Pengganti Lili Pintauli Kewenangan Komisi III DPR

Mekanisme Pemilihan Pengganti Lili Pintauli Kewenangan Komisi III DPR
Pekerja mengecat logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jakarta.(MI ADAM DWI)

WAKIL Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan presiden sudah menyampaikan dua nama calon pengganti komisoner KPK Lili Pintauli. Dua nama tersebut merupakan calon yang telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang pernah dilakukan pada pemilihan komisioner KPK beberapa tahun lalu.

"Dua nama yang sudah disampaikan oleh presiden itu terdiri dari nama yang sudah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan di periode lalu," ujarnya di Jakarta, Selasa (20/9).

Dia belum mengetahui persis mekanisme pemilihan yang akan dilakukan oleh Komisi III DPR dalam menetapkan pengganti Lili. Namun dalam rapat pimpinan sebelumnya baru mengagendakan pembahasan ini pada pekan depan setelah dibacakan dalam rapat paripurna.

"Dalam rapim kemarin baru mengagendakan pembahasan di pekan depan. Jadi Senin ada rapim lalu penugasan kepada komisi teknis terkait yakni komisi tiga. Dan mekanismenya diserahkan kepada komisi tiga lalu nanti komisi tiga prosesnya."

Baca juga: KPK Segera Layangkan Pemanggilan Kedua untuk Lukas Enembe

Sementara itu menurut pengamat TPPU Yenti Ganarsih menuturkan DPR sebaiknya menggelar tes uji kelayakan dan kepatutan kembali bagi pengganti Lili. Sebab hasil tes yang dilakukan sebelumnya sudah lebih dari tua tahun.

"Hasil tes itu biasanya hanya berlaku dua tahun tes manajerial dan psikologi," tuturnya.

Beredarnya isu I Nyoman Waka yang terpilih tanpa mendapatkan suara sebelumnya sedangkan Sigit Danang Joyo mendapatkan 19 suara, dinilainya hal biasa terjadi.

"Untuk Sigit itu dulu dengan UU KPK yang lama tidak masalah. Kalau menurut saya dites lagi karena tidak mungkin atas dasar nilai yang lama. Karena sudah lebih dari dua tahun," tandasnya. (OL-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Akhmad Mustain

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat