visitaaponce.com

Ini 4 Kriteria Pemimpin Pilihan Jusuf Kalla pada Pilpres 2024

Ini 4 Kriteria Pemimpin Pilihan Jusuf Kalla pada Pilpres 2024 
Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla(MI/Dok. Kalla Group)

PEMIMPIN Indonesia di masa depan harus bisa membawa bangsa ini lebih maju dan bertindak adil. Pemimpin seperti itulah yang harus didukung dan dipilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 HM Jusuf Kalla, usai menghadiri makan malam 70 tahun Kalla Group, dengan tema 'Aktif Bersama Maju Bersama' di kawasan Jakarta Pusat, Jumat (28/10) malam.

Dalam keterangan tertulisnya, pria kelahiran Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan itu, mengungkap sejumlah kriteria yang pantas memimpin Indonesia pada 2024 mendatang, tanpa meributkan soal nama.

Baca juga: JK Harap Cawapres Anies Sosok Berpengalaman

Sebab, saat ini, yang lebih penting menurutnya, menyatukan kriteria apa saja yang harus dimiliki oleh pemimpin Indonesia pada masa depan. 

"Dari tujuan besar itu baru kita tetapkan kriteria. Ini tidak boleh main-main karena menyangkut 270 juta jiwa penduduk Indonesia," tukas Kalla.

Kriteria pertama sebutnya, yaitu harus memiliki leadership atau kemampuan kepemimpinan yang kuat. Kedua, calon pemimpin nantinya harus punya pengalaman. 

"Karena tanpa pengalaman juga nanti susah," sebut Kalla yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI).

Lalu kriteria ketiga, ialah sosok yang memiliki tingkat kecerdasan dan kemampuan intelektual yang cukup baik. Dan kriteria keempat adalah memiliki track record yang baik.

"Itu saja dulu empat. Boleh ditambah tapi tujuan utama kita yang bisa membawa bangsa ini lebih baik," kata Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu.

Setelah kriteria dan syarat sudah ditetapkan, baru melihat sosok yang pantas dipilih. 

"Setelah itu baru kita melihat dan ukur siapa yang paling pantas dipilih, apakah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto atau Puan Maharani," lanjut Kalla

"Ke depan, giliran masyarakat yang menilai dengan objektif soal kriteria dan nama calon presidennya 2024. Jangan dahulu anti ini anti itu. Kriterianya mana dahulu?" sambungnya tanpa menyebut nama yang masuk dalam kriteria pemimpin menurutnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat