visitaaponce.com

Pilot Susi Air yang Hilang Kontak sudah Terdeteksi

Pilot Susi Air yang Hilang Kontak sudah Terdeteksi
Yudo Margono.(MI/Bagus Suryo.)

PANGLIMA TNI Laksamana Yudo Margono mengungkap keberadaan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru, Philips Max Marthin, sudah terdeteksi. Pihaknya bersama aparat kepolisian berupaya untuk menyelamatkan Philips di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

"Belum dievakuasi, tetapi sudah terdeteksi. Prioritasnya sekarang mencari pilotnya," kata Yudo saat ditemui setelah acara Rapat Pimpinan TNI-Polri di Jakarta, Rabu (8/2).

Yudo membantah bahwa Philips disandera oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). Sebelumnya, pesawat yang diterbangkan Philips membawa lima penumpang dari Timika.

Setibanya di Distrik Paro, pesawat tersebut ditahan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Menurut Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, Philips telah bergeser 100 meter dari Paro berdasarkan sistem pemosisi global (GPS) yang dibawanya. "Kemarin dia (Philips) kita lihat ada bergerser dari kampung Paro sekitar 100 meter ke dalam," ungkap Mathius.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta pihak Selandia Baru menyerahkan proses evakuasi Philips ke aparat keamanan Indonesia. Kapolri juga mengungkap lima penumpang Susi Air telah dievakuasi.

Adapun Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen Muhammad Saleh Mustafa menyebut kelima penumpang tersebut merupakan orang asli Papua (OAP). "Namanya orang Papua, kalau dia sama-sama asli orang Papua enggak bakal ini lah, hukum adat nanti. Apalagi keluarga ini Gwijangge. Gwijangge ini mantan bupati. Tokohnya ini jadi dia enggak akan sentuh," tandasnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat