visitaaponce.com

Eks Pimpinan KPK Kunjungi Dewas Terkait Pelaporan Terhadap Firli Bahuri

Eks Pimpinan KPK Kunjungi Dewas Terkait Pelaporan Terhadap Firli Bahuri
Sejumlah tokoh turut serta dalam aksi di depan gedung KPK, diantaranya Abraham Samad, Denny Indrayana, Saut Situmorang.(MI/Susanto)

Eks Pemimpin KPK, Saut Situmorang mendatangi gedung KPK lama untuk bertemu dengan Dewan Pengawas KPK. Hal ini dilakukan untuk melaporkan adanya dugaan pelanggaran kode etik dan potensi pidana terhadao pimpinan KPK saat ini, yaitu Firli Bahuri.

Sebelum ke gedung Dewan Pengawas KPK, eks pimpinan KPK Saut Situmorang juga ditemani oleh Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Prof Deni Indrayana juga beberapa organisasi lainnya.

"Ini poin poin nya ada di sini banyak. Nantinya poinnya akan kita buat rilisnya nanti, tapi poin intinya adalah dua yaitu etik dan potensi pidana," ujar Saut Situmorang eks Pimpinan KPK periode 2015-2019, Senin, (10/4).

Baca juga: Endar Ngotot Sambangi KPK meski Akses Sudah Dicabut

Pelaporan ini dibuat dengan mewakilkan sekitar 56 orang dan organisasi yang mengiginkan marwah KPK bisa dikembalikan ke jalan yang benar. Dengan menjunjung tinggi Hukum anti korupsi yang akuntabel, transparan dan berintegritas.

"Kami mewakili sekitar 56 orang dan organisasi menyampaikan dugaan dugaan sekali lagi dugaan sekali lagi dugaan kira juga mau penegakan hukum itu diproses tanpa pelanggaran hukum. Kita mau menemui Dewas poin poin nya Apa nanti bisa di jelaskan urgensi Potensi pelanggaran yang terjadi baik kode etik maupun etik yang dilakukan oleh Firli Bahuri dalam hal ini sebagai ketua KPK," katanya.

Baca juga: Pukat UGM Desak Dewas KPK Usut Tuntas Pencopotan Endar

Harapan dari pelaporan ini, Dewan Pengawas dapat bekerja secara profesional, transparan, akuntabel dan berintegritas didalam mendalami kasus ini.

"Sekali lagi supaya tidak abuse of power kita mendatangi dewan pengawas dengan harapan mereka bekerja profesional transparan Eko tabel dan berintegritas dalam mendalami kasus ini supaya Indonesia bisa terus maju dan Marwah KPK bisa kembali ke jalan yang benar untuk menjunjung hukum hukum korupsi yang akuntabel transparan dan berintegritas dan bisa bertanggung jawab terhadap Masyarakat secara terbuka kami akan menyampaikan ini." tuturnya.

Sebagai informasi, hari ini telah dilakukan demo oleh eks Pimpinan KPK dari periode ke periode dan juga gabungan mahasiswa. Masing-masing dari mereka menjadi satu membuat orasi didepan gedung merah putih KPK dengan membawa tujuan yang berbeda.

Ada tiga tujuan yang diajukan, yaitu pelaporan ke Dewan Pengawas KPK mengenai Firli Bahuri yang diduga melakukan pelanggaran kode etik dan memiliki potensi pidana. Kemudian pelaporan kepada Dewan Pengawas KPK terkait kebocoran data yang terjadi di Kementerian ESDM. Dan juga pelaporan terhadap pencopotan Brigjen Endar Priantoro yang dinilai secara sepihak.

Namun, meski memiliki tuntutan yang berbeda. Mereka memiliki satu visi dan tujuan yang sama untuk mengembalikan marwah KPK yang Akuntable, Transparant, dan berintegritas.

(End)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat