visitaaponce.com

Koalisi Besar Sulit Terealisasi

Koalisi Besar Sulit Terealisasi
Presiden Joko Widodo dan lima ketua umum Partai politik menghadiri Silaturahmi Ramadan di Kantor DPP PAN.(MI)

Pembentukan Koalisi Besar disebut berpotensi gagal terealisasi. Pasalnya, terlalu banyak kepala dan kepentingan sehingga sulit untuk menyatukan visi dan misi bersama.

Sebagaimana diketahui, Koalisi Besar diisi sejumlah partai politik (parpol) besar yang tiap-tiap dari mereka memiliki sosok unggulan untuk diusung sebagai calon presiden. Partai Golkar berkeras memajukan Airlangga Hartarto, Partai Gerindra terus mendorong Prabowo Subianto, dan PDI Perjuangan memiliki Puan Maharani atau Ganjar Pranowo.

"Kalau Pak Jokowi mengotot, Pak Prabowo (Subianto) mengotot, Ibu Megawati (Soekarnoputri) mengotot, saya rasa akan bubar koalisi ini. kalau banyak tarik ulur kepentingan akan sulit digabungkan," ujar Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie, Senin (17/4).

Baca juga: Capres Koalisi Besar Diyakini Alot jika PDIP dan Gerindra Ngotot

Selain itu, Jerry menyoroti konflik internal PDIP yang terjadi antara Jokowi dengan Megawati. Kedua tokoh itu dinilai harus satu suara lebih dulu dalam mengusung calon preaiden.

"Pak Jokowi kelihatannya akan melawan Megawati dalam konteks untuk mengusung Ganjar dan ini sudah kelihatan," ucap dia.

Baca juga: Penentuan Capres-Cawapres Koalisi Besar Diprediksi Makan Waktu Lama

Rencana Koalisi Besar muncul saat kehadiran lima ketua umum partai politik (parpol) pada acara Silaturahmi Ramadan di DPP Partai Amanat Nasional (PAN), 2 April silam. Pimpinan partai yang hadir dalam acara tersebut, yaitu Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan pelaksana tugas (Plt) Ketum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono.
 
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar juga hadir. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat