visitaaponce.com

TNI Terus Lakukan Pencarian Titik Lokasi Keberadaan Pilot Susi Air

TNI Terus Lakukan Pencarian Titik Lokasi Keberadaan Pilot Susi Air
Pilot Susi Air Philip Mark Merthens bersama KKB Papua(Dok. TPNPB )

TNI hingga saat ini terus melakukan pencarian pilot Susi Air yang hingga saat ini masih disandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) kelompok Egianus Kogeya. 

Menurut Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono pihaknya bersama pemerintah daerah, tokoh agama, dan tokoh adat di Papua masih bahu membahu melakukan pencarian pilot asal Selandia Baru tersebut.

“Kami masih cari di daerah Nduga,” katanya usai Rapat Intern terkait isu Papua di Istana Wakil Presiden, Rabu (26/4).

Baca juga : TPNPB Rilis Video Terkini, Pilot Susi Air dalam Kondisi Sehat

Namun demikian, tambah Yudo, hingga saat ini pihaknya masih belum bisa menemukan lokasi penyanderaan Philip Mehrtens yang disandera sejak 7 Februari 2023. Selain itu, Yudo memastikan upaya pencarian Philip tidak melalui operasi militer.

Baca juga : Lagi, Prajurit TNI Jadi Korban Keganasan KKB, BRIN: Hentikan Tembak-menembak!

Terkait dengan pernyataan siaga tempur yang diucapkannya belum lama ini, Yudo menegaskan, TNI tidak melakukan aksi yang ofensif dalam menghadapi aksi OPM itu. 

“Siaga tempur itu terkait dengan peringatan kepada prajurit untuk menebalkan kembali naluri militer pada para prajurit di daerah yang tingkat kerawanannya tinggi,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, selama ini aparat TNI melakukan operasi teritorial dan komunikasi sosial di daerah-daerah di Papua yang kerawanannya tinggi. 

Namun di daerah yang tingkat kerawanannya tinggi, prajurit yang bertugas ditingkatkan operasinya sehingga dalam status siaga tempur untuk mengantisipasi serangan lawan.

"Jadi jangan diplesetkan itu operasi militer,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM kembali merilis video terkait kondisi terakhir Philip Mehrtens, pilot Susi Air yang disandera kelompok Egianus Kogeya. Berdasarkan video yang dibuat pada 24 April 2023 tersebut, kondisi pilot asal Selandia Baru diketahui dalam keadaan sehat. 

“Setelah hampir tiga bulan di sini, kondisi saya sehat di mana saya makan dan tidur bersama yang menangkap saya,” ungkap Philip dalam video yang dikirim Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, Rabu (26/4).

Dalam video yang agak buram tersebut, Philip diapit dua gerilwayan TPNPB. Philip juga meminta agar aparat TNI-Polri tidak menjatuhkan bom di wilayah Nduga.

“Sebab nantinya bakal membahayakan saya dan masyarakat,” tegasnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat