visitaaponce.com

Pengamat M.Qodari Erick Masuk Radar Cawapres di Semua Parpol

Pengamat M.Qodari: Erick Masuk Radar Cawapres di Semua Parpol
Pengamat politik dari Indo Barometer M. Qodari.(MI/Susanto)

MENTERI BUMN Erick Thohir disebut masuk sebagai figur potensial yang layak diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024.

Dinilai memiiki kinerja mentereng Erick Thohir membuat sosoknya menjadi sosok yang menjadi andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi.

Jokowi Miliki Peran Penting

Menurut pengamat politik dari Indo Barometer M. Qodari, Presiden Jokowi cukup memiliki peranan penting dalam penentuan kandidat pada Pilpres 2024 mendatang. Salah satunya mendorong Erick sebagai cawapres. 

Baca juga: PPP Nilai Erick Thohir Cocok Dampingi Ganjar di Pilpres 2024

“Pak Jokowi ini akan berpengaruh terhadap peta koalisi yang ada, termasuk juga misalnya soal calon wakil presiden,” ujar Qodari dikutip darri channel Youtube MindTV Indonesia. 

Kondisi demikian, Qodari menambahkan, terlihat pada sejumlah kesempatan Presiden Jokowi seringkali menyebut nama Erick di hadapan publik. Hal tersebut, menurut Qodari, menciptakan dampak positif terhadap Erick Thohir.

Nama Erick Menguat Jelang Pilpres 2024

Qodari juga menilai nama Erick akan semakin menguat jelang Pilpres 2024. Lebih dari itu, Ketua Umum PSSI ini, menjadi sosok yang mendapat pertimbangan serius oleh partai politik (parpol) untuk diusung cawapres.

Baca juga: Erick Thohir Miliki Potensi Dipinang PDIP untuk Jadi Cawapres

“Misalnya ketika (Presiden Jokowi) ditanya siapa untuk cawapres, ya ada Erick Thohir,” ucap Qodari.

Kondisi tersebut, Qodari melanjutkan, semakin dikuatkan dengan raihan tinggi elektabilitas Erick dalam hasil rekaman lembaga survei. Erick juga dinilai sebagai sosok yang konsisten tempat daftar elektabilitas teratas. 

Baca juga: Indo Barometer: Erick Penuhi Kriteria Cawapres Dampingi Ganjar

Catatan hasil survei Indikator Politik Indonesia yang dilakukan periode 11-17 April 2023 menunjukkan. Elektabilitas Erick konsisten alami kenaikan signifikan sejak beberapa bulan ke belakang.

Lonjakan elektabilitas sudah mulai terlihat sejak dari bulan Februari 17,5 persen menuju Maret sebesar 11,3 persen. Hingga kemudian melesat pada April sebesar 17,3%. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat