visitaaponce.com

TNI AD Rencana Pembentukan Kodam Baru Masih dibahas Mabes TNI

TNI AD : Rencana Pembentukan Kodam Baru Masih dibahas Mabes TNI
Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Hamim Tohari(Dok. TNI AD)

KEPALA Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen Hamim Tohari mengatakan, rencana penambahan Komando Daerah Militer (Kodam) baru di setiap Provinsi masih di bahas oleh Mabes TNI.

"Terkait dengan prosesnya ataupun follow up, ini masih ada di Mabes TNI, karena ada beberapa revisi kemarin," ujar Hamim dalam diskusi media yang berlangsung di Mabes TNI AD, Jakarta, Jumat (12/5).

Kodam baru itu, jelas Hamim, nantinya merupakan peningkatan status dari Komando Resor Militer (Korem) Tipe A yang saat ini sudah ada di setiap provinsi di Indonesia.

Baca juga : Revisi UU TNI Sedang Dibahas di Tingkat Internal Mabes TNI

"Bukan pembentukan kodam baru sebenarnya, tapi ini adalah peningkatan status Korem tipe A yang selama ini ada di tiap-tiap provinsi itu menjadi kodam," terangnya.

Hamim mengungkap, realisasi penambahan Kodam tergantung pertimbangan pemerintah, mulai dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), hingga Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dia pun tidak dapat memerinci kapan pembangunan kodam mulai dilaksanakan. 

Baca juga : Curhat TNI di Balik Revisi UU Nomor 34

"Kita tidak bisa tahu sampai kapan, apakah bisa selesai tahun ini, atau tahun depan, atau bisa jadi pengurangan dulu, kemudian nanti pengembangan. Semua tergantung pertimbangan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertahanan, koordinasi dengan PAN RB kemudian Kementerian Keuangan dan lain-lain," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurachman mengungkap rencana pembentukan kodam di setiap provinsi se-Indonesia. Dudung mengatakan akan mengusulkan pembentukan Kodam itu ke Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

"Panglima TNI sudah setuju, nanti setiap provinsi akan ada Kodam. Ini nanti kita usulkan kepada Panglima TNI, sudah kita usulkan," kata Dudung beberapa waktu lalu. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat