visitaaponce.com

Momen Hari Suci Nyepi, Presiden Ajak Masyarakat Jaga Toleransi

Momen Hari Suci Nyepi, Presiden Ajak Masyarakat Jaga Toleransi
Ogoh-ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi di Surabaya(AFP)

PRESIDEN Joko Widodo mengucapkan selamat merayakan Nyepi dan tahun baru Saka 1945 bagi umat Hindu di Indonesia. Dalam pesannya, presiden meminta agar masyarakat menjaga toleransi. Pasalnya saat ini Indonesia telah masuk pada tahun politik.

"Atas nama pemerintah dan pribadi saya menyampaikan selamat Hari Suci Nyepi dan tahun baru Saka 1945 kepada seluruh umat hindu di seluruh tanah air indonesia," ujar presiden dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (12/5).

Hari suci Nyepi, ujarnya, merupakan momen untuk menjaga keseimbangan buana alit dan buana agung serta mengingatkan untuk memperbaiki diri sehingga terlahir kembali sebagai pribadi yang lebih mulia. Presiden mengatakan bahwa tantangan pandemi Covid-19 telah dilalui sehingga masyarakat bisa beraktivitas kembali dan ekonomi mulai tumbuh. Ia mengingatkan situasi kondusif ini perlu dijaga bersama-sama.

"Dalam situasi bangsa yang kondusif ini perlu kita jaga bersama agar tetap sejuk dan damai, juga toleran dan saling menghormati. Hal ini perlu saya tegaskan karena kita usah masuk tahun politik yang harus kita jaga betul agar tidak merusak persatuan dan kesatuan bangsa," tutur Jokowi.

"Saya mengajak umat Hindu di manapun berada untuk menjalankan dharma agama dan dharma negara dengan penuh kesadaran, melaksanakan kewajiban srada bhakti sebagai umat beragama dan pada saat yang sama menjaga serta menjunjung tinggi kehormatan negara dan bangsa, menjaga NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika," pungkasnya. (H-3))

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Polycarpus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat