visitaaponce.com

Pengamat Berpihak pada UMKM, Kepuasan Publik padaErick Melesat

Pengamat: Berpihak pada UMKM, Kepuasan Publik pada Erick Melesat 
Menteri BUMN dan juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir.(MI / ADAM DWI)

HASIL survei Indikator Politik Indonesia (IPI) menempatkan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir sebagai salah satu menteri yang memiliki elektabilitas tertinggi untuk maju sebagai cawapres.

Adapun hal itu tercermin dari survei yang IPI lakukan pada Minggu (4/6/2023) menurut kategori demografi dan wilayah. 

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia (IPI) Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Erick r unggul di kalangan masyarakat akar rumput dengan kategori pekerjaan petani, peternak dan nelayan.

Baca juga: Sosok Erick Thohir Akan Beri Keuntungan Bagi Prabowo di Pilpres 2024

Tak hanya itu, Erick juga menjadi yang favorit di kalangan pemilik toko atau grosir, wiraswasta, dan pengusaha hingga kontraktor. 

Erick Thohir dan Ridwan Kamil Pantas Jadi Cawapres

“Hal ini menunjukkan Erick Thohir dan Ridwan Kamil dianggap paling pantas sebagai calon wakil presiden,” ungkap Burhanuddin Muhtadi dalam acara daring berjudul "Saling Salip Elektabilitas Capres & Cawapres Jelang 2024", baru-baru ini. 

Merujuk survei IPI di kategori demografi dan wilayah, masyarakat yang mempunyai pekerjaan seperti wiraswasta, pengusaha, kontraktor hingga memiliki toko/grosir mendukung Erick sebagai cawapres dengan angka 23,7.

Kemudian tak hanya itu, para petani, peternak dan nelayan juga memberikan dukungan pada Erick dengan total persentase mencapai 19,1. 

Baca juga: Pendukung Jokowi dan Prabowo di Pilpres 2019 Bersatu Dukung Erick Thohir Cawapres

Pada pekerjaan lainnya, Erick masih tetap unggul dari cawapres lainnya. Untuk sektor pekerjaan pegawai, guru/dosen hingga profesional, Erick Thohir mendulang suara hingga 18,2, sedikit di atas Mohammad Mahfud MD yang mengantongi 16,8. 

Namun, Erick harus mengakui elektabilitas cawapres lainnya untuk pekerjaan seperti buruh kasar, hingga pedagang kecil.

Di sektor ini, Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil berhasil menempati peringkat satu dan dua, dengan perolehan angka 16,1 dan 15,3. Sementara Erick ada di posisi ketiga dengan perolehan skor 14,5. 

Baca juga: Hipmi Nilai Elektabilitas Erick Wajar Meningkat karena Berkinerja Baik

Adapun langkah yang Erick lakukan untuk UMKM tergolong pesat. Ia menegaskan jika saat ini Kementerian BUMN terus memberikan dukungan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. 

“UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia yang harus dijaga,” kata Erick Thohir beberapa waktu yang lalu.(RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat