visitaaponce.com

KPK Sebut Ada Pihak Luar yang Terlibat Pungli di Rutan KPK

KPK Sebut Ada Pihak Luar yang Terlibat Pungli di Rutan KPK
Ilustrasi(Medcom.id)

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan bakal mengusut tuntas skandal pungutan liar (pungli) di rumah tahanan (rutan) yang mereka kelola. Juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri mengatakan pemeriksaan tidak hanya terbatas pada internal lembaga antirasuah tetapi juga pihak luar.

"Akan ada pendalaman apakah pihak lain di luar KPK terlibat dan memanfaatkan situasi ini," kata Ali Fikri di Jakarta, Rabu (21/6).

KPK meyakini skandal itu memanfaatkan pihak luar untuk mengalirkan dana. Sebab, uang itu tidak bisa dikelola maupun bergeser dari para tahanan di dalam rutan.

Baca juga: Mahfud MD Minta KPK Tangani Serius Pungli di Rutan KPK

"Dalam pengertian ada yang ikut serta membantu, sehingga kemudian beberapa pihak di luar itu memberikan sejumlah uang dan masuk ke oknum pegawai rutan KPK," ucap Ali.

Sebelumnya, Dewas KPK mengungkap ada pungli di dalam Rumah Tahanan (Rutan) yang dikelola Lembaga Antirasuah. Puluhan pegawai diyakini terlibat.

Baca juga: Skandal Pungli di Rutan, KPK Mutasi Pegawai

"Diduga yang terlibat bahkan puluhan pegawai Rutan KPK," kata anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris.

Syamsuddin enggan memerinci total pastinya. Masyarakat diminta bersabar dan menyerahkan proses penyelidikan kepada KPK. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat