visitaaponce.com

Andika Perkasa Siap Jadi Timses Ganjar, Pengamat Militer Masih Diperhitungkan

Andika Perkasa Siap Jadi Timses Ganjar, Pengamat: Militer Masih Diperhitungkan
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo berpidato di Kantor DPD PDIP Nusa Tenggara Barat (NTB), Mataram, NTB.(ANTARA/M Risyal Hidayat )

MANTAN Panglima TNI Andika Perkasa menyatakan siap menjadi tim sukses (timses) untuk calon presiden (capres) Ganjar Pranowo.

Peneliti politik senior di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Lili Romli menilai kehadiran Andika memiliki magnet yang kuat dalam politik Indonesia. Pengaruh militer masih diperhitungkan dan bisa meningkatkan elektabilitas capres dukungannya.

"Meskipun militer tidak boleh terlibat politik praktis, tapi sudah menjadi pengetahuan umum bahwa militer masih sebagai kekuatan politik yang diperhitungkan," ujarnya kepada Media Indonesia, Minggu (25/6).

Baca juga: Pengamat Sebut Kubu Ganjar Gentar pada Anies Baswedan, Kenapa?

Sebagai mantan Panglima, Andika disebut punya pengaruh yang cukup luas. Apalagi selama sosok Andika selama ini memang memiliki basis dukungan dari masyarakat. Peluang tersebut, lanjut Lili, sering dimanfaatkan partai politik (parpol) untuk menambah dukungan. 

"Jadi dengan mengajak para mantan pensiunan militer, apalagi mantan panglima, akan memberikan nilai lebih terhadap kandidat yang akan maju," imbuh sosok yang menyandang gelar guru besar itu.

Baca juga: Pemilu 2024, Jokowi: Pesan Ibu Mega Sudah Jelas

Kehadiran para mantan Panglima dalam politik Indonesia bukan hal baru. Beberapa mantan Panglima seperti Moeldoko pun sudah lama berkiprah dalam dunia politik. (Van/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat