visitaaponce.com

KPK Akui Pengembalian Brigjen Endar untuk Menghentikan Polemik

KPK Akui Pengembalian Brigjen Endar untuk Menghentikan Polemik
Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro (tengah).(MI/Susanto)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) mengakui pengembalian Brigjen Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan untuk menghentikan polemik. Sebab, Kemenpan RB meminta KPK untuk menjaga harmonisasi antarpenegak hukum.

"Iya semacam itu kalau boleh saya simpulkan (untuk menghentikan polemik)," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Jumat, (7/7).

Alex mengatakan saat ini KPK masih melanjutkan proses seleksi pencarian pejabat Direktur Penyelidikan. Jika sudah ada yang terpilih, Endar bakal dikembalikan ke Polri. Lebih lanjut, Alex menjelaskan pihaknya tidak dadakan menyuruh Endar menjalankan pendidikan di Lemhannas usai dikembalikan ke KPK. Sebab, kuliah itu sudah dilakukan sejak April 2023.

Baca juga: Kompolnas Sebut Brigjen Endar Layak di KPK

Endar juga bukan satu-satunya pejabat KPK yang dikirim. Karena, kata Alex, Sekretaris Jenderal KPK Cahya H Harefa dan empat direktur lain juga diminta menjalani pendidikan ke Lemhannas.

"Jadi, bukan tiba-tiba kita tarik lagi kemudian kita sekolahkan seolah-olah KPK ini enggak serius nariknya, enggak," ucap Alex.

Sebelumnya, KPK memastikan kembalinya Endar Priantoro bukanlah praktik tukar guling dengan penanganan kasus dugaan kebocoran dokumen di Polda Metro Jaya. Lembaga Antirasuah memastikan dua hal itu tak berkaitan.

Baca juga: Brigjen Endar Kembali ke KPK, Ini Komentar Mabes Polri

"Ya enggak ada (barter kasus kebocoran dokumen di Polda Metro Jaya)," kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 6 Juli 2023.

KPK mempersilakan Polda Metro Jaya mengusut kasus itu. Perkembangannya tidak bisa dipaparkan karena Lembaga Antirasuah bukan penegak hukum yang mengusutnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat