visitaaponce.com

LSN Rilis Survei Cawapres Ideal untuk Prabowo, Ganjar, Anies

LSN Rilis Survei Cawapres Ideal untuk Prabowo, Ganjar, Anies
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono.(MI/Susanto.)

LEMBAGA Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terkait calon wakil presiden (cawapres) ideal untuk tiga bakal calon presiden (bacapres) yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Survei dilakukan dalam rentang waktu 10-19 Juli 2023 dengan melibatkan 1.420 responden di 34 provinsi di Indonesia.

"Kami tanyakan siapa yang paling cocok menjadi cawapres Prabowo, berdasarkan hasil survei LSN, Erick Thohir dinilai oleh 19,6% responden sebagai sosok yang tepat untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo," ujar Direktur Eksekutif LSN, Gema N Bakry, dalam rilis hasil survei LSN, Rabu (26/7). 

Dijelaskan Gema, responden banyak memilih Erick menjadi sosok yang pas mendampini Prabowo karena Prabowo-Erick menjadi kombinasi kepemimpinan yang ideal. "Sosok Erick dianggap tepat mendampingi Prabowo, karena keduanya membentuk kombinasi kepemimpinann nasional yang ideal yaitu Jawa-non-Jawa, militer-sipil dan generasi tua-muda," jelas Gema.

Baca juga: Dukungan untuk Anies Baswedan dari Pengusaha Warteg Makin Solid

Selain nama Erick, Gema mengatakan bahwa tokoh lain seperti Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD juga menjadi daftar teratas cawapres yang Ideal untuk Prabowo. "Tokoh lain yang dinilai cocok menjadi pendamping Prabowo ialah Gibran Rakabuming Raka dengan 17,2%, Ridwan Kamil 16,5%, dan Mahfud MD 15,4%," ujar Gema.

Bergeser ke Bacapres Ganjar Pranowo, LSN memaparkan bahwa responden menilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi pendamping paling cocok untuk Ganjar. Dalam hasil survei LSN Sandiaga mendapat 19,4%. 

Baca juga: PAN Klaim Jokowi Beri Kode Keras Pasangan Prabowo-Erick Thohir

"Sosok Sandiaga dianggap tepat menjadi cawapres pendamping Ganjar karena Sandiaga kader PPP yang merupakan satu-satunya partai parlemen yang memutuskan bergabung dngan PDIP untuk mengusung Ganjar," sebutnya. Selain Sandiaga, tokoh lain yang juga dinilai responden cocok mendampingi Ganjar ialah Ridwan Kamil dengan 18,1%, Erick Thohir 15,3%, dan Mahfud MD 13,5%.

Untuk Bacapres Anies Baswedan, hasil survei LSN mengungkapkan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dinilai responden sebagai pasangan ideal untuk Anies. "Berdasarkan hasil survei, AHY dinilai oleh 19,5% responden sebagai sosok paling tepat untuk menjadi cawapres pendamping Anies. Takoh lain yang juga dinilai cocok mendampingi Anies ada nama Ridwan Kamil 17,5%, Sandiaga Uno dengan 15,2%, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 11,8%," terang Gema.

Dijelaskan Gema, sosok AHY dianggap tepat menjadi pendamping Anies karena AHY merepresentasikan salah satu partai pengusung Anies. Saat ini Anies didukung oleh Partai Demokrat, PKS, dan Partai NasDem. "Jika AHY tidak terpilih menjadi pendamping Anies sangat mungkin Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bubar dan gagal mengantarkan Anies menuju Pilpres 2024," tukas Gema. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat