visitaaponce.com

Pelanggaran Etik Polisi Tembak Polisi di Bogor Ditangani Propam Mabes Polri

Pelanggaran Etik Polisi Tembak Polisi di Bogor Ditangani Propam Mabes Polri
Ilustrasi(Antara)

Dua anggota polisi yang jadi tersangka kasus dugaan penembakan terhadap Bripda Ignatius Dwi Frisco Sirage akan dikenakan sanksi etik. Pemeriksaan dugaan pelanggaran etik yang sebelumnya ditangani Propam Polda Jawa Barat akan  dilimpahkan ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri.

"Alasan kenapa pengamanan internal Propam Mabes Polri, karena satuan kerja Densus itu di bawah Mabes Polri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi, Jumat (28/7).

Kendati demikian, ia mengatakan kasus penyidikan pidana kedua tersangka tetap ditangani Polres Bogor. Pasalnya, peristiwa terjadi di wilayah Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Legislator Sesalkan Kasus Polisi Tembak Polisi Jilid II

"Kalau alasan penyidikan karena locus de licti di Bogor jadi penanganan pidananya itu Polres Bogor. Penanganan sidang disiplin atau sidang etiknya yang ada di Propam Polri," ungkap jenderal bintang satu itu.

Bripda Ignatius Dwi Frisco Sirage tewas dalam penembakan yang diduga dilakukan sesama rekannya di kesatuan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, Bripda IMS dan Bripka IG. Berdasarkan hasil autopsi, Bripda Ignatius mengalami satu luka tembak di belakang telinga sebelah kiri.

Baca juga: Densus 88 Antiteror Beberkan Kronologi Polisi Tembak Polisi di Bogor

Peristiwa ini terjadi di Rusun Polri Cikeas Gunung Putri Bogor, Jawa Barat, pukul 01.40 WIB pada Minggu (23/7). Namun, versi kronologi Densus menyebutkan lokasi penembakan di salah satu flat Rutan Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Penembakan disebut terjadi karena kelalaian Bripda IMS.

"Yang terjadi adalah kelalaian anggota pada saat mengeluarkan senjata dari tas kemudian meletus dan mengenai rekannya yang berada di depannya," kata juru bicara Densus 88 Kombes Aswin Siregar.

Polres Bogor tengah mengumpulkan bukti, terutama CCTV untuk dianalisa demi memastikan kebenaran peristiwa yang terjadi. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat