visitaaponce.com

Polisi Tembak Mati Dua Anggota KKB di Yahukimo

Polisi Tembak Mati Dua Anggota KKB di Yahukimo
Polisi menunjukkan senjata yang disita dari markas KKB(MGN / Terry Leisubun)

PERSONEL gabungan Ops Damai Cartenz menggerebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka, Selasa (1/8). Dua personil KKB tewas dan sisanya diamankan bersama barang bukti.

Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan, personel gabungan TNI Polri menggerebek dan melakukan penindakan di markas KKB yang berlokasi di belakang Kantor Bupati Yahukimo.

“Penindakan ini dilakukan menyikapi gangguan tembakan yang dilakukan oleh KKB pimpinan Kopi Tua Heluka di Yahukimo pada hari senin tanggal 31 Juli 2023 kemarin, yang mana KKB telah melakukan penembakan ke arah Pos Brimob Paradiso”, ujar Faizal.

Baca juga : KKB Serang Pos BKO Brimob di Yahukimo Papua Pegunungan

Faizal mengatakan, personel gabungan melakukan penyisiran di area Pasar Lama, dan berhasil mengamankan 1 anggota KKB berinisial AS.

Baca juga : Pesawat Smart Air Diduga Ditembaki KKB Papua, Penumpang Selamat

Faizal menambahkan, dari hasil interogasi terhadap AS pihaknya mendapat informasi lokasi markas KKP pimpinan Kopi Tua Heluka dan langsung melakukan penggerebekan.

“Saat penggerebekan, terjadi perlawan dari KKB sehingga kontak tembak antara KKB dan aparat gabungan TNI-POLRI tidak terhindarkan. Akibat dari kontak tembak tersebut, 2 anggota KKB berhasil dilumpuhkan dan meninggal dunia ditempat. Sedangkan satu anggota Satgas Nusa I bernama Bharatu Jogianus Ricko terkena luka tembak pada paha kiri dan telah di evakuasi ke RSUD Dekai Yahukimo, kondisinya dalam keadaan sadar”, ungkap Faizal.

Faizal mengatakan, adapun barang bukti yang berhasil dimanakan yaitu 6 pucuk senjata api rakitan beserta amunisi dan barang bukti lainnya berupa aksesori bermotif Papua Merdeka.

“1 anggota KKB inisial AS dan sejumlah barang bukti telah diamankan ke Polres Yahukimo untuk dilakukan pemeriksaan dan proses identifikasi lebih lanjut,” ujar Faizal (MGN/Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat