visitaaponce.com

Anies tidak Harus Mempercepat Pengumuman Cawapres

Anies tidak Harus Mempercepat Pengumuman Cawapres
Anies Baswedan.(MI/M IRFAN)

PARTAI Demokrat mendesak Anies Baswedan mendeklarasikan calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya dengan dalih mencegah penurunan elektabilitas lebih jauh. Namun, mendongkrak elektabilitas dinilai tak harus dengan mempercepat pengumuman cawapres.

"Apakah tren penurunan elektabilitas Anies Baswedan dikarenakan belum ada kepastian soal bakal cawapres pendamping? Sangat mungkin bukan karena itu," kata peneliti dari Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro, Selasa (8/8).

Bawono menduga elektabilitas Anies yang belum terkatrol karena kerja politik belum maksimal. Ia mengatakan kerja politik di poros pendukung Anies yakni Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sejatinya penting.

Baca juga: Anies Baswedan Harap Ada Asuransi untuk Pelaku UMKM

"Padahal itu penting sekali agar para pemilih atau konstituen dari partai-partai pendukung lebih solid dalam memberi dukungan terhadap Anies Baswedan. Sehingga tidak mengalami split ticket voting," ucap Bawono.

Ia mengingatkan supaya KPP tidak salah mengindentifikasi masalah terkait rendahnya elektabilitas Anies. Selain itu, jangan sampai desakan Demokrat mengganggu soliditas KPP.

Baca juga: Demokrat 'Gerah' Anies Tak Kunjung Mengumumkan Cawapresnya

"Jangan sampai Koalisi Perubahan ini salah melakukan identifikasi masalah. Ibarat rasa gatal di kepala tapi justru tangan digaruk," ucap Bawono. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat