visitaaponce.com

Demokrat Gerah Anies Tak Kunjung Mengumumkan Cawapresnya

Demokrat 'Gerah' Anies Tak Kunjung Mengumumkan Cawapresnya
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief (kanan).(Antara)

PARTAI Demokrat mendesak pengumuman bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan segera dilakukan. Anies dinilai tak seharusnya mengumumkan cawapres pada detik-detik akhir pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Koalisi lain mungkin punya strategi cawapres last minute. Koalisi Perubahan tidak harus demikian. Bisa keliru jika dua menit terakhir penentuan cawapres. Partai Demokrat berbeda pendapat dengan Pak Surya Paloh. Saatnya @aniesbaswedan mandiri dan tentukan sikap," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief melalui akun Twitter-nya dikutip Senin, 7 Agustus 2023.

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan tak ada alasan untuk menunda lagi pengumuman cawapres Anies. Kamhar meyakini pengumuman itu akan mengkatrol elektabilitas Anies.

Baca juga: Masuk Bursa Cawapres Anies, Yenny Wahid Anggap Sebuah Kepercayaan

"Mengingat, kita tak memiliki kemewahan basis elektabilitas yang tinggi, jauh selisihnya dibandingkan dengan kompetitor," ujar Kamhar melalui keterangan tertulis.

Selain itu, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sebagai poros pendukung Anies disebut tak mendapat fasilitas dukungan dari penguasa. Sehingga akses sumber daya pemenangan harus diperjuangkan mandiri.

"Kita berada pada posisi yang mesti bekerja ekstra untuk mengejar ketertinggalan elektabilitas dan pada posisi yang vis a vis dengan penguasa yang memiliki besutan kandidat sendiri," ucap Kamhar.

Baca juga: Jokowi Khianati Reformasi jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Ia menambahkan poros pendukung Anies butuh terobosan. Langkah mempercepat pengumuman paket capres-cawapres dinilai jadi salah satu agenda yang berbeda dari rival.

Pengumuman diyakini bakal mempermudah konsolidasi di tingkat partai hingga relawan. Sehingga, kerja politik untuk kemenangan Anies bisa terkonsolidasi.

"Salah satu dan yang paling menentukan adalah menyegerakan deklarasi paket komplit agar seluruh sumber daya pemenangan yang dimiliki baik dari partai, relawan, dan simpatisan bisa segera terkonsolidasi dan bekerja secara optimal dalam menjalankan kerja-kerja politik pemenangan," kata Kamhar.
 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat