visitaaponce.com

Rafael Alun Terima Uang Panas dari Wajib Pajak Bermasalah

Rafael Alun Terima Uang Panas dari Wajib Pajak Bermasalah
Rafael Alun Trisambodo (kanan) saat menjalani pemeriksan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).(MI/Moh Irfan)

MANTAN pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo diyakini menerima uang panas dari wajib pajak bermasalah. Ayah dari Mario Dandy itu menerima uang panas seusai memberikan konsultasi.

Informasi itu diulik dengan memeriksa wiraswasta Baswara Nugroho Sunartio pada Senin, 7 Agustus 2023. Keterangannya untuk mendalami dugaan pencucian uang Rafael.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dugaan tersangka RAT (Rafael Alun Trisambodo) yang turut mendapatkan fee atas konsultasi perpajakan dari para wajib pajak yang bermasalah," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca juga : Anak Rafael Alun Diminta Beberkan Aset Mewah Milik Keluarga

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu enggan memerinci konsultasi yang diberikan Rafael. Penyidik juga mendalami pembelian aset dengan uang panas ke wiraswasta Arifin Wongsoatmojo yang turut diperiksa kemarin.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan penerimaan sejumlah uang oleh tersangka RAT atas kepemilikan aset yang dibeli dari berbagai penerimaan gratifikasi," ucap Ali.

Baca juga : Rafael Alun Samarkan Penerimaan Duit Haram Melalui Perusahaan dan Konsultan Selama 12 Tahun

Dalam perkembangan kasus ini, KPK menduga Rafael mencuci uang dengan cara berinvestasi ke beberapa perusahaan. Sejumlah saksi yang dimintai keterangan telah menjelaskan tudingan tersebut.

KPK sudah menyelesaikan berkas dugaan penerimaan gratifikasi yang menjerat Rafael. Dia segera diadili di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) yang akan ditentukan nanti.

KPK masih mengusut dugaan pencucian uang Rafael. Penyidik masih mencari bukti dengan memeriksa saksi. (MGN/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat