visitaaponce.com

Harun Masiku Diyakini Dilindungi, KPK-Polri Diminta Cari Bekingannya

Harun Masiku Diyakini Dilindungi, KPK-Polri Diminta Cari Bekingannya
KPK dan Mabes Polri diminta mencari sosok di balik pelarian Harun Masiku untuk mengungkap keberadaan buronan tersebut.(Dok.MI)

BURONAN sekaligus mantan calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku diyakini dibantu seseorang dalam pelariannya. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mabes Polri diharap mencari bekingannya lebih dahulu.

"Penegak hukum harus berani mengungkap siapa pihak yang melindungi keberadaan Harun Masiku, termasuk potensi adanya oknum penegak hukum di internal penegak hukum yang turut melindungi," kata Ketua IM57+ Institute M Praswad Nugraha melalui keterangan tertulis, Rabu (9/8).

Menurut Praswad, pencarian Harun seharusnya bukan hal yang sulit bagi KPK dan Polri. Apalagi, kedua penegak hukum itu memiliki pengalaman panjang dalam mengatur strategi penangkapan.

Baca juga : Mahasiswa Desak KPK Tangkap Harun Masiku, Jangan Takut Parpol

Harun juga bukanlah orang yang memiliki kemampuan untuk bersembunyi tanpa jejak. Mantan Caleg dari PDIP itu diyakini berlindung di belakang orang kuat selama masa pelariannya.

"Mengherankan ketika sangat sulit menangkap orang yang tidak memiliki jabatan tinggi dan tidak pernah terlatih secara intelijen dalam melakukan upaya penyembunyian diri," ucap Praswad.

Karenanya, penegak hukum diharap mencari pelindung Harun terlebih dahulu. Jika sudah didapatkan, buronan kasus suap pergantian antar waktu itu diyakini tidak akan berkutik.

Mabes Polri menegaskan buronan sekaligus mantan calon anggota legislatif (Caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku berada di Indonesia. Data perlintasan mengidentifikasikan tersangka kasus dugaan suap pergantian antarwaktu itu tidak sedang di luar negeri.
 
"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri," kata Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 7 Agustus 2023.
 
Krishna mengamini Harun sempat pergi ke luar negeri. Saat ini, dia sudah kembali lagi ke Indonesia. Dia enggan memerinci lebih lanjut waktu pasti data perlintasan Harun itu. Pencarian dipastikan tidak pernah disetop. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat