visitaaponce.com

Elektabilitas Tinggi, AHY Lebih Mungkin Dipilih Anies daripada Yenny

Elektabilitas Tinggi, AHY Lebih Mungkin Dipilih Anies daripada Yenny
Anies Baswedan dan AHY saat menyambut Dialog Rakyat di GOR Sabuga Kota Bandung.(MI/Naviandri).)

ELEKTABILITAS Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono (AHY) lebih unggul dibandingkan Yenny Wahid. Hal ini bisa dilihat dari seringnya nama AHY masuk lima besar bakal cawapres. Sedangkan putri pertama presiden Abdurahman Wahid tersebut masih di luar sepuluh besar. Karenanya, Anies Baswedan akan lebih kuat bila memilih AHY ketimbang Yenny.

"AHY lebih unggul kalau dari elektabilitasnya. Dia sering masuk dalam lima besar bakal cawapres dari pada Yenny," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Wasekjen Demokrat Ungkap Alasan Yenny Wahid tidak Pantas Dampingi Anies

Selain itu, AHY yang merupakan Ketum Partai Demokrat memiliki pengaruh penting dalam koalisi. Jika partai besutan SBY itu hengkang, ini berdampak pada bubarnya koalisi ini. "Kalau dia keluar dari Koalisi Perubahan, koalisi itu terancam bubar."

Djayadi menerangkan figur Yenny yang merupakan perempuan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemilih. Namun untuk sementara ini belum terlihat harus diupayakan atau dikampanyekan oleh Yenny.

Baca juga: MA Pupuskan Langkah Hukum Moeldoko Ambil Alih Demokrat

"Kekuatan Yenny ialah dia calon perempuan, yang bisa saja lebih menarik bagi para pemilih. Kekuatan Yenny yang lain ialah mungkin dia bisa membantu menarik suara di basis-basis NU, meskipun banyak saingannya, seperti Cak Imin dan Khofifah. Namun AHY juga bisa membantu Anies di Jatim. Karena Demokrat dan SBY punya basis kuat di Jawa Timur. Kalau lihat sejumlah pertimbangan itu, AHY lebih mungkin dipilih Anies," tukasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat