visitaaponce.com

Golkar dan PAN Gabung Koalisi Gerindra, Jokowi Itu Urusan Mereka

Golkar dan PAN Gabung Koalisi Gerindra, Jokowi: Itu Urusan Mereka
Presiden Joko Widodo di Istana Negara.(Antara)

PRESIDEN Joko Widodo menanggapi soal merapatnya Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) ke koalisi Partai Gerindra. Gerindra akan mengusung Ketua Umumnya Prabowo Subianto menjadi calon presiden pada pemilihan umum (pemilu) 2024. Hal itu ditegaskan Jokowi merespons tudingan campur tangan istana dalam koalisi tersebut.

"Ya itu urusannya partai-partai lah. Urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB. Itu urusannya partai-partai," terang Jokowi pada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8).

Jokowi menampik para ketua umum partai politik berkomunikasi dengan dirinya membahas soal koalisi. Ia menyampaikan dirinya bukan ketua umum partai.

Baca juga: Prabowo Sebut Jokowi Hormati Independensi dan Hak Tiap Parpol

"Ndak, ndak. Itu urusan mereka. Urusan koalisi, urusan kerja sama. Saya bukan ketua partai. Saya presiden," tampik presiden.

Meskipun sejumlah partai di Kabinet Kerja telah membentuk koalisi untuk pemilu 2024, Jokowi menegaskan kabinetnya tidak terpecah-pecah. Selain itu, para menteri yang berlatar belakang partai tetap aman.

Baca juga: Pengamat: Jokowi Jadi Dirigen Deklarasi Koalisi Besar Pendukung Prabowo

"Ya tetap. Tetap aman, amin," tukasnya.

Seperti diberitakan, para pengamat politik menilai ada intervensi kekuatan politik yang membuat Partai Golkar dan PAN ke Partai Gerindra. Presiden Joko Widodo disebut punya pengaruh untuk itu.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat