visitaaponce.com

Wapres Pemilih Muda Jadi Penentu Hasil Pilpres 2024

Wapres: Pemilih Muda Jadi Penentu Hasil Pilpres 2024
Wakil Presiden Ma'ruf Amin(MI)

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan para pemilih berusia muda yang jumlahnya saat ini begitu besar akan menjadi penentu hasil Pilpres 2024.

"Pemilih pemula (muda) saya kira memang menentukan karena jumlahnya lebih besar ya," ujar Ma'ruf usai membuka Raimuna Nasional XII Tahun 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Jakarta Timur, Senin (14/8).
 
Karena memiliki peran strategis, kaum muda harus diberikan perhatian lebih besar oleh siapapun sosok yang nanti akan maju sebagai capres dan cawapres. Para calon pemimpin, sambung Ma'ruf, harus bisa memahami isu-isu dan tantangan-tantangan yang berkaitan dengan anak muda.

Baca juga: Banjir Baliho Pemilu 2024, KPU Sebut Sebagai BentukSosialisasi Untuk Pemilih Muda

"Calon-calon yang paling bisa memberikan pemahaman tentang yang dilakukan, yang menarik generasi muda, saya kira mereka pasti yang akan menjadi pilihan," tutur Wapres.

Ia meyakini generasi muda saat ini sudah cukup cerdas untuk memilih pemimpin di masa depan. Mereka sudah memahami berbagai perkembangan daik politik maupun ekonomi. Mereka bisa mengikuti semua itu melalui media sosial.

Baca juga: Anak Muda Disarankan Pilih Pemimpin yang Peduli Isu Lingkungan

"Apa yang ada di berita-berita, mereka semua tahu, sudah tahu, jadi mereka sudah bisa mengukur ke mana arah pilihan," tandasnya.

Diperkirakan, jumlah pemilih muda di Pilpres 2024 mencapai 56,45% dari total pemilih. Mereka terdiri dari generasi milenial yang lahir di periode 1980-1994 dan generasi Z yang lahir di periode 1995-2000-an. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat