visitaaponce.com

Lukas Enembe Bayar Jet Pribadi Pakai Dana Pemprov Papua

Lukas Enembe Bayar Jet Pribadi Pakai Dana Pemprov Papua
Terdakwa Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe (tengah).(Antara)

GUBERNUR nonaktif Papua, Lukas Enembe, diyakini membayar jet pribadi menggunakan dana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua. Informasi itu diulik dengan memeriksa staf honorer di Badan Perhubungan Daerah Papua Richard Barends.

"Saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan adanya perintah tersangka LE (Lukas Enembe) membayar private jet untuk kepentingan pribadi menggunakan anggaran Pemprov Papua," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 4 September 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu enggan merinci total dana yang dikeluarkan. Pembayaran diyakini berkaitan dengan dugaan pencucian uang yang menjerat Lukas.

Baca juga: Lukas Enembe Diduga Bawa Kabur Uang Hasil Korupsi ke Luar Negeri

Lukas Enembe didakwa menerima suap mencapai Rp45,8 miliar. Rinciannya, Rp10,4 miliar berasal dari pemilik PT Melonesia Mulia, Piton Enumbi. Kemudian, Rp35,4 miliar diterima dari Direktur PT Tabi Anugerah Pharmindo, Rijatono Lakka.

Seluruh uang haram itu diberikan supaya Lukas Enembe memenangkan perusahaan milik Piton dan Rijatono dalam proyek pengadaan barang dan jasa di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tahun Anggaran 2013-2022. Lukas Enembe melakukan perbuatan itu bersama-sama sejumlah pihak.

Baca juga: Lukas Enembe Bantah Terima Uang Haram 

Mereka yakni Kepala Dinas Perumahan Umum (PU) Provinsi Papua periode 2013-2017, Mikael Kambuaya. Lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua periode 2018-2021, Gerius One Yoman.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat