visitaaponce.com

KPK Butuh Saksi Ini untuk Dalami Pembelian Jet Pribadi Lukas Enembe

KPK Butuh Saksi Ini untuk Dalami Pembelian Jet Pribadi Lukas Enembe
Pembelian jet pribadi Lukas Enembe terus didalami oleh KPK.(Antara)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami pembelian jet pribadi Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe. Presiden Direktur PT RDG Gibrael Isaak memiliki informasi itu.

"Keterangannya sangat dibutuhkan terkait dengan tadi masalah persoalan jet pribadi," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa (5/9).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu menjelaskan Gibrael sudah dipanggil penyidik beberapa waktu lalu. Namun, dia mangkir saat keterangannya dibutuhkan.

Baca juga: Lukas Enembe Bayar Jet Pribadi Pakai Dana Pemprov Papua

KPK bakal memanggil ulang Gabriel. Dia diharap memenuhi jadwal pemeriksaan selanjutnya untuk mendalami kepemilikan jet pribadi yang diduga berkaitan dengan kasus pencucian uang Lukas.

"Kami masih menunggu yang bersangkutan untuk hadir dan kami akan layangkan surat pemanggilan berikutnya kepada yang bersangkutan," ucap Ali.

Baca juga: KPK Sayangkan Lukas Enembe Lempar Mic Sampai Bicara Kalimat Kotor di Persidangan

Lukas Enembe didakwa menerima suap mencapai Rp45,8 miliar. Rinciannya, Rp10,4 miliar berasal dari pemilik PT Melonesia Mulia, Piton Enumbi. Kemudian, Rp35,4 miliar diterima dari Direktur PT Tabi Anugerah Pharmindo, Rijatono Lakka.

Seluruh uang haram itu diberikan supaya Lukas Enembe memenangkan perusahaan milik Piton dan Rijatono dalam proyek pengadaan barang dan jasa di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua Tahun Anggaran 2013-2022. Lukas Enembe melakukan perbuatan itu bersama-sama sejumlah pihak.

Mereka yakni Kepala Dinas Perumahan Umum (PU) Provinsi Papua periode 2013-2017, Mikael Kambuaya. Lalu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Papua periode 2018-2021, Gerius One Yoman. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat