visitaaponce.com

Erick Thohir Tokoh Representatif Wakili Indonesia di Dunia Internasional

Erick Thohir Tokoh Representatif Wakili Indonesia di Dunia Internasional
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Menpora Dito Ariotedjo (kedua kanan) berjabat tangan dengan sejumlah pebasket Timnas Indonesia(Antara )

MENTERI BUMN Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang dinilai mampu dan handal mewakili Indonesia di dunia internasional. Itu tak terlepas dari reputasi internasional yang pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini miliki.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi mengatakan salah satu alasan reputasi internasional Erick Thohir mentereng karena berhasil membawa klub sepak bola asal Italia, Inter Milan bangkit dari keterpurukan saat itu.

“Erick Thohir ini punya reputasi tidak hanya di dalam negeri, tapi juga reputasi dalam skala global. Beliau pernah memimpin klub-klub sepak bola eropa ya, ini bukanlah perkara yang sederhana,” kata Ade.

Baca juga: Erick Siap Lobi Klub untuk Lepas Pemain Jika Timnas Lolos ke Piala Asia U-23

Pernyataan Ade selaras dengan survei Kurious-Katadata Insight Center (KIC) yang menempatkan Erick Thohir menjadi salah satu tokoh yang dinilai mampu mewakili Indonesia di mata Internasional. Dalam survei KIC, Erick Thohir Erick Thohir menempati posisi dua dengan raihan 30 persen.

Capaian Erick Thohir hanya di bawah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan angka 43,5 persen. Erick Thohir meninggalkan jauh mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 29 persen dan juga mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 26,7 persen.

Baca juga: DPR Tekankan Jangan Sampai Ada Kompromi Soal Kedaulatan Negara

Bukti terbaru citra positif Erick Thohir yang bagus di mata internasional adalah dianugerahkannya FIBA President's Award 2023. Erick Thohir dinilai berjasa atas kemajuan bola basket di kawasan Asia Tenggara.

“Ini menunjukan kemampuan kepemimpinan dan leadership yang dalam skala global tentunya,” pungkas Ade. (Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat