visitaaponce.com

Anies Dinilai Sukses Jaga Kerukunan Umat Beragama di DKI

Anies Dinilai Sukses Jaga Kerukunan Umat Beragama di DKI
Perwakilan pendeta dan tokoh antaragama bersilaturahmi dengan capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan(MI/HO)

KOMUNITAS pendeta dan tokoh antarumat beragama meminta capres Anies Baswedan menularkan kesuksesannya dalam menjaga kerukunan umat beragama di Jakarta ke seluruh pelosok negeri di Indonesia.

Permintaan itu disampaikan Ketua Umum DPP Badan Persaudaraan Antariman (Berani) Lorens Manuputty, di Jakarta, Sabtu (16/9).

“Saya berharap Pak Anies bisa membawa keberhasilan dalam menjaga kerukunan umat beragama di Jakarta ke tingkat nasional,” kata Lorens.

Pada Jumat (15/9), ia bersama sekitar 20 perwakilan pendeta dan tokoh antar agama bersilaturahmi dengan capres dari Koalisi Perubahan tersebut. Hadir antara lain Pdt Gilbert Lumoindong dan Pdt Shepard Supit.

“Kami ingin mengumpulkan data-data tentang Pak Anies, karena kita tahu Pak Anies pascapilgub terkena stigma-stigma banyak, intoleransi, politik identitas, dan macam-macam,” katanya.

Namun, setelah ketemu dan berbagi gagasan, kata Lorens, berbagai stigma itu hanyalah isapan jempol belaka.

“Kita dapat informasi yang utuh. Pak Anies bahkan satu-satunya gubernur yang saya ketahui yang bisa mengeluarkan kebijakan yang berpihak pada nonmuslim,” ujarnya.

Lorens menyebut, kebijakan yang berpihak pada komunitas umat beragama lain antara lain pemberian dana Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI) hingga kemudahan pemberian izin mendirikan tempat ibadah.

“Dalam pertemuan itu, kita sepakat untuk menentang narasi-narasi yang memecah belah anak bangsa. Kita ucapkan selamat tinggal cebong-kampret,” ujarnya.

Lorens menegaskan, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandari selaku capres-cawapres dari Koalisi Perubahan merupakan paduan dari tokoh nasionalis, kebhinekaan, dan Pancasila.

“Ini koalisi nasionalis, kebhinekaan, Pancasila. Mari kita dukung,” tandasnya.

Selama pertemuan dengan capres Anies Baswedan, disoroti tiga aspek penting yang sangat dibatini oleh kedua calon tersebut, yakni persaudaraan sesama muslim (ukhuwah islamiyah), persaudaraan antarumat (ukhuwah insaniyah), dan persaudaraan antarmanusia (ukuwah al-insan). Ketiganya merupakan fondasi kuat untuk membawa Indonesia maju ke depan. (RO/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat