visitaaponce.com

Ganjar Pranowo Beri Nilai 7,5 Terhadap Kebebasan Berpendapat

Ganjar Pranowo Beri Nilai 7,5 Terhadap Kebebasan Berpendapat
Bacapres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo(Antara/M Risyal Hidayat)

BAKAL Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo memberi penilaian 7,5 terhadap kebebasan berpendapat. Hal itu disampaikan menjawab pertanyaan Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa di Gedung Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Selasa (19/9).

"Saya setiap hari dibully. Saya menuntut mereka? Tidak," kata dia.

Najwa kemudian menanggapi pernyataan Ganjar tersebut dengan data dari Kontras, pada Juni 2022 sampai Juni 2023, setidaknya ada 183 pelanggaran hak terhadap kebebasan berekspresi dengan berbagai cara, mulai fisik, digital, penggunaan perangkat hukum, hingga intimidasi.

Baca juga : RK dan AHY Dicoret PDIP, PPP: Peluang Sandiaga Jadi Cawapres Ganjar Makin Besar 

Ganjar menanggapi data tersebut dengan mempertanyakan. "dari data tersebut, berapa yang hate speech, hoaks, dan bully? Dari data itu, berapa yang ditangkap?"

Najwa balik bertanya, bukankah 1 orang saja terlalu banyak apabila ada orang yang terintimidasi karena mengungkapkan pandangannya.

Baca juga : Mahfud MD Disebut Bisa Dongkrak Elektabilitas Ganjar di Jawa Timur

Ganjar pun menjawabnya dengan sebuah ilustrasi. 

"Kalau saya memaki di depan dengan kalimat yang kasar (kata-kata) kebun binatang, apakah itu Indonesia? Apakah itu yang dimaksud demokrasi? Apakah begitu guru-guru kami mengajarkan kepada kami sehingga kami tidak hormat kepada sesama?" jawab Ganjar.

Najwa kemudian menunjukkan data kembali, survei persepsi oleh Indikator Indonesia pada 2022 menyampaikan 62 persen masyarakat semakin takut mengeluarkan pendapat. Mereka adalah yang berusia di bawah 40 tahun.

Ganjar menanggapinya, dia tetap menilai kebebasan berpendapat di Indonesia 7,5. 

"Saya orang konsisten, hitam atau putih bukan abu-abu," tutup Ganjar. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat