visitaaponce.com

Komisi III DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Hakim Konstitusi, Ada Arsul Sani

Komisi III DPR Gelar Fit and Proper Test Calon Hakim Konstitusi, Ada Arsul Sani
Arsul Sani, Wakil Ketua MPR FRAKSI PPP.(Antara)

KOMISI III DPR menggelar fit and proper test calon hakim konstitusi hari ini, Senin, 25 September 2023. Sebanyak delapan orang mengikuti tes tersebut.

"Perkenankan kami membuka rapat uji kelayakan ini dan rapat digelar secara terbuka untuk umum," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Habiburrokhman di Ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Adapun delapan orang yang mengikuti tes tersebut yakni Reny Halida Ilham Malik, Firdaus Dewilmar, Elita Rahmi, Aidul Fitriciada Azhari, Putu Gede Arya, Abdul Latif, Haridi Hasan, dan Arsul Sani. Arsul merupakan Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta anggota Komisi II DPR.

Baca juga: MK Diharapkan Kabulkan Gugatan Usia Capres-Cawapres 35 Tahun

Keikutsertaan Arsul itu dibantah memunculkan adanya konflik kepentingan atau conflict of interest. Para calon hakim konstitusi akan dites kepatutannya menduduki posisi tersebut.

"Tidak ada di dunia ini yang tidak ada conflict of interest-nya, conflict of interest ada tetapi patut apa tidak, itu yang penting patut opo ora," ujar Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul di Kompleks Parlemen, Senayan.

Baca juga: Legislator Komisi III Dukung Tambahan Anggaran Rp12,14 Polri

Ia juga menekankan bahwa tes tersebut juga dilakukan transparan dan terbuka. Hal yang tersirat adanya kepentingan politik terkait pencalonan Arsul, diserahkan ke publik.

"Karena hakim MK (Mahkamah Konstitusi) itu ada kepentingan politiknya di samping kepentingan hukum. Maka itu adalah perkawinan antara hukum murni, dan kebijakan politik. Oleh karena itu ada saat bagi kami untuk hakim MK paham keputusan politik," ujar Bambang.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat