visitaaponce.com

Pemeriksaan LHKPN Pejabat Bakal Pakai Artificial Intelligence

Pemeriksaan LHKPN Pejabat Bakal Pakai Artificial Intelligence
Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.(Antara)

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengkaji penerapan artificial intelligence (AI) untuk memeriksa laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN). KPK mengatakan sudah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk penggunaan sistem tersebut.

"Kita kerja sama, dengan Pusilkom UI, jadi 380 ribu manusia yang mau diperiksa (LHKPN-nya) itu pakai artificial intelligence," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Jakarta, Sabtu, 30 September 2023.

KPK meyakini AI bakal membuat pemeriksaan LHKPN menjadi lebih akurat. Kejanggalan pun bisa terdeteksi dengan mudah.

Baca juga: KPK Diminta KPU Membuat Aturan LHKPN Capres dan Cawapres

"Supaya jangan dengerin informasi masyarakat, kalau ditindaklanjuti nanti dibilang 'kalau viral baru ditindak lanjuti', salah juga, gitu kan," ucap Pahala.

Sistem itu juga bakal menyatukan data kependudukan masyarakat. Sehingga, penggunaan nama aset dalam kepemilikan aset bisa dicari dengan lebih masif.

Baca juga: KPK Tegaskan Kantongi Bukti Keterlibatan Eks Dirut Pertamina dalam Korupsi LNG

Sistem itu juga diyakini bisa memberikan peringatan kepada KPK terhadap pejabat yang pengisian LHKPN-nya dinilai janggal. Lembaga Antirasuah juga nantinya tinggal melakukan pemeriksaan.

"Dia (AI) memberi panduan mana yang kira-kira diperiksa dengan kemungkinan lebih banyak. Dan ini dia terkoneksi datanya, nggak bisa LHKPn saja, terkoneksi dengan Ditjen Dukcapil," kata Pahala.

Pahala meyakini penerapan AI dalam pemeriksaan LHKPN bisa dilakukan. Menurutnya, uji coba penggunaan sistem itu bakal dilaksanakan dalam waktu dekat.

"Ini mungkin baru di uji coba, kemarin baru ada rapatnya, uji coba dan kita pikir akan segera kita implementasi," ujar Pahala.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat