visitaaponce.com

KPU Siapkan Tim Dokter Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres

KPU Siapkan Tim Dokter Jelang Pendaftaran Capres-Cawapres
Bendera Partai Politik di kantor KPU(Antara/Aprilio Akbar)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyiapkan tim dokter jelang pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden yang bakal dimulai pada 19 Oktober mendatang.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan koordinasi dengan dokter yang bakal memeriksa capres dan cawapes dilakukan dalam pekan ini.

"KPU akan berkoordinasi dengan tim dokter yang akan memeriksa kesehatan para orang-orang yang didaftarkan sebagai bakal calon presiden, wakil presiden, dan juga rumah sakit yang akan melakukan pemeriksaan kesehatan itu," jelas Hasyim di Jakarta, Rabu (11/10).

Baca juga : Berubah Haluan, Langkah Gibran Tak Direstui PDIP

Berdasarkan rapat konsultasi antara KPU dan DPR dan pemerintah pada Rabu (20/9) malam, disepakati bahwa pendaftaran pasangan capres dan cawapres dimulai pada 19 Oktober 2023 dan berakhir pada 25 Oktober 2023. Menurut Hasyim, pihaknya sudah relatif siap menerima pendaftaran pasangan bakal capres dan cawapres.

"Karena peraturannya sudah ada, macam-macam formulirnya sudah ada," ujaranya.

Baca juga : KPU Buka Opsi Revisi PKPU Soal Pencalonan Presiden Pascaputusan MK

Peraturan yang dimaksud Hasyim adalah Peraturan KPU (PKPU) tentang Pendaftaran Peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden meski belum resmi diundangkan. Ia mengaku telah menandatangani PKPU tersebut sejak Senin (9/10) meski sampai saat ini masih menunggu proses pengundangan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

"Rencananya besok hari Kamis tanggal 12 Oktober 2023, KPU akan mengundang partai politik peserta pemilu untuk memberikan penjelasan-penjelasan, rapat koordinasi untuk persiapan pendaftaran bakal calon presiden-wakil presiden untuk Pemilu 2024," tandasnya.

Diketahui, baru ada satu kandidat bakal pasangan capres dan cawapres yang siap mendaftar ke KPU RI, yakni Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Pasangan yang dikenal dengan akronim Amin itu diusung oleh partai politik dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan, yaitu Partai NasDem, PKB, dan PKS.

Sementara itu, kandidat capres usungan PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) belum memiliki pendamping calon wakil presiden sampai hari ini. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat