visitaaponce.com

Ganjar Pranowo Kekuasaan Itu Menggoda, Utamakan Kepentingan Masyarakat

Ganjar Pranowo: Kekuasaan Itu Menggoda, Utamakan Kepentingan Masyarakat
Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD(MI/Usman Iskandar)

CALON Presiden Ganjar Pranowo mengaku selalu menjaga self-control atau pengendalian diri saat jadi pelayan masyarakat dengan selalu mengingat bahwa kekuasaan itu menggoda.

Hal itu dia ungkapkan dalam cuplikan video ketika sedang bersama Calon Wakil Presiden Mahfud MD menghadiri acara Mata Najwa, Jumat (20/10).

Najwa Shihab selaku host acara Mata Najwa saat itu mengundang pasangan Capres Ganjar Pranowo-Cawapres Mahfud MD tidak lama setelah deklarasi resmi kedua pasangan calon tersebut.

Baca juga : Rencana Ganjar-Mahfud Jadikan Indonesia Bebas Korupsi Patut Didukung

Fokus acara Mata Najwa saat itu adalah membahas strategi Ganjar dan Mahfud MD dalam memenangkan Pilpres 2024 mendatang. Satu hal menarik dalam sesi tersebut adalah ketika Najwa Shihab bertanya kepada Ganjar mengenai soal pentingnya mengendalikan diri dan tahu diri.

Ganjar mengakui bahwa ketika seseorang berada di posisi puncak, godaan dan tekanan untuk mengambil keputusan penting seringkali sangat besar. Tak hanya itu, rasa tanggung jawab terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk urusan bisnis dan keluarga, bisa jadi beban yang cukup berat.

“Saya pernah berkuasa, pernah dalam kepemimpinan dan godaannya memang gede dan banyak yang mendekati misal keluarga saya buat urusan bisnis, urusan keputusan, titip ini, titip itu,” ujarnya kepada Najwa Shihab.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Diyakini Jadikan Hukum Bagian Penting Capai Indonesia Emas

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu memahami dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai gubernur dan calon presiden, integritas serta kepentingan masyarakat harus selalu jadi prioritas utama.

Ganjar bahkan meminta keluarganya mewakafkan dirinya kepada masyarakat sebagai simbol komitmen tulus untuk menjauhkan diri dari segala bentuk kepentingan pribadi atau golongan keluarga.

“Tolong, wakafkan adikmu kakakmu ini untuk masyarakat. Tolong, jangan diganggu urusan-urusan yang sifatnya kepentingan pribadi atau keluarga atau golongan untuk mengambil keputusan yang dapat mencederai publik, dan semua sepakat,” sambungnya.

Ganjar Pranowo yang didampingi Mahfud MD pun mengatakan dirinya selalu berusaha menjaga kepercayaan rakyat dan ingat kekuasaan itu sangatlah menggoda dan jika tidak digunakan dengan baik akan merusak. Sehingga, ia mengaku sangat berhati-hati dalam menggunakan kekuasaannya.

“Ketika itu mesti dijaga (kepercayaan rakyat), menurut saya itu self-control ingat dimanapun kekuasaan itu menggoda, power tends to corrupt, maka kita hati-hati betul dengan itu," tutup Ganjar. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat